Klarinet. (Foto: Roscoe Lilly)

MATAINDONESIA, JAKARTA –  Klarinet ditemukan di Nuremberg oleh Jhann Cristoph Denner, pada 14 Januari 1960. Banyak ahli menduga, Klarinet sudah ada sejak 3,000 SM di Mesir. Alat Musik ini identik dengan musik jazz sebelum saxofone masuk dan menjadi bagian dari musik jazz.

Klarinet adalah alat musik dari keluarga Woodwind –alat musik yang menghasilkan suara dengan cara meniup melalui corong dan membuka atau menutup lubang di tubuh alat musik untuk menghasilkan pitch yang bervariasi.

Awalnya, alat musik klarinet disebut sebagai chalumeau saat diciptakan tahun 1690. Kemudian, salah satu pemusik asal Jerman bernama Johann Christoph Denner menambahkan kunci baru ke alat musik chalumeau dan menjadikannya sebagai klarinet pertama di dunia.

Instrumen dari klarinet terdengar dengan nada nyaring yang keras sehingga diberi nama “terompet kecil” atau klarinet. Awalnya klarinet tidak mampu menghasilkan nada yang lebih rendah sehingga chalumeau terus dibuat untuk memainkan not rendah dan not ini hingga sekarang dikenal sebagai ‘register chalumeau’. Kemudian, ketika Klarinet telah dapat menghasilkan not rendah dan variasi not lainnya, chalumeau mulai tidak digunakan.

Tampilan klarinet saat ini didominasi oleh bahan kayu hitam Afrika dalbergia melanoxylon yaitu kayu tebal berwarna gelap yang menjadi ciri khas dari klarinet. Jarang ada klarinet yang terbuat dari perak atau kuningan.

Sementara corong klarinet terbuat dari sejenis karet keras yang disebut ebonite. Kunci atau pengatur nadanya dibuat dari perak Jerman yaitu campuran tembaga, seng, dan nikel.

Klarinet merupakan bagian dari orkestra yang umumnya dimainkan dalam musik jazz dan wind. Tahun 1910-an klarinet mulai sering digunakan dalam berbagai pagelaran musik Jazz di New Orleans, Amerika Serikat.

Larry Shields, Ted Lewis, Jimmie Noone, dan Sidney Bechet merupakan sederet orang yang berjasa membuat klarinet masuk dan berjaya di dalam musik jazz. Bisa di bilang, merekalah pelopor dari mengapa musik jazz selalu identik dengan Klarinet.

Klarinet biasanya bernada di kunci B flat atau A, namun ada klarinet harmoni lain yang bermain di kunci C, Eb, D, dan AB. Selain itu ada juga instrumen yang dikenal sebagai basset horns di F, klarinet bass bernada satu oktaf dibawah Bb soprano, klarinet Alto di Eb, Klarinet contra-alto di Eeb (satu oktaf dibawah klarinet alto) dan klarinet contrabass besar di BBb (satu oktaf dibawah klarinet bass).

Beberapa pemain klarinet yang cukup terkenal pada masanya yakni Sidney Bechet, Tony Scott, Pete Fountain, serta Larry Combs.

Reporter : Anggita Ayu Pratiwi

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here