Kisah Kematian Stalin, Antara Stroke dan Lintah Pengisap Darah

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Kematian pemimpin Rusia yang bertangan besi, Josef Stalin pada 5 Maret 1953, menyimpan tanda tanya besar. Ada beberapa versi menyebutkan jika tokoh revolusi Uni Soviet itu mati diakibatkan racun ular atau laba-laba dan stroke.

Sebelum ajalnya menjemput, pada 1 Maret 1953, Stalin ditemukan dalam keadaan pingsan, di lantai kamar tidurnya. Sebagian orang saat itu mengatakan pria keturunan Georgia tersebut mengalami penyakit stroke.

Dalam masa pengobatannya, mantan Sekretaris Jenderal Partai Komunis Uni Soviet itu tidak bisa menggunakan tangannya sendiri untuk makan. Melainkan dibantu perawat dengan menyuapi menggunakan sendok.

Bahkan ia pernah menjalani pengobatan dengan lintah medis. Hewan pengisap darah itu diyakini menjadi obat. Karena diyakini mampu melancarkan peredaran darah yang tersumbat akibat stroke.

Menurut Svetlana Losifovna Stalina, merupakan anak bungsu dan putri tunggal Stalin menjelaskan, jika kematian ayahnya masih misteri dan sulit diungkap.

Dua bulan kemudian pascakematian, keluarganya meminta untuk dilakukan otopsi. Hasilnya dinyatakan Stalin meninggal akibat stroke, sebab mengalami kerusakan pada arteri otaknya karena aterosklerosis (radang pada pembuluh darah manusia yang menyebabkan plak ateromatus).

Hanya saja Svetlana meyakini sang ayah dibunuh. Bahkan diduga Lavrentiy Pavlovich Beria yang melakukannya, meskipun tak ada bukti sah yang pernah dimunculkan. Beria adalah Menteri Dalam Negeri Uni Soviet, dan dipromosikan oleh Stalin sebagai wakil perdana menteri.

Beria pernah mengatakan kepada mantan Menteri Luar Negeri Uni Soviet, Vyacheslav Molotov, kalau dia meracun Stalin.

“Aku melengserkannya,” ujarnya.

Sebagai orang terkuat kedua di zamannya, kemungkinan Beria khawatir akan pembunuhan besar-besaran dilakukan oleh Komisariat Urusan Internal Rakyat (NKVD), dan ditakutkan ia menjadi target utamanya. Sehingga Beria menyerang duluan.

Menurut sejarawan, Nikolai Dobryukha dalam bukunya “Bagaimana Stalin Dibunuh”, Beria menyatakan menghabisi Stalin menggunakan racun dari ular dan laba-laba.

Untuk mempertegas klaim ini, Dobryuka mengutip kata-kata dari Molotov, mengatakan setelah kematian Stalin, Beria yang menyelamatkan Anda semua (pejabat tinggi Soviet).

Kematian Stalin mungkin tetap akan menjadi spekulasi, tapi satu hal yang masih dipertanyakan, setelah menerima informasi bahwa ia terserang strok, para pejabat tidak terburu-buru memanggil dokter. Hal aneh lain adalah bahwa pengumuman resminya menyatakan Stalin mengalami strok di Kremlin, tapi faktanya itu terjadi di Dacha (vila untuk liburan).

Juga, laporan medis terkait kematiannya ada banyak kejanggalan, sehingga misterinya masih terus berlanjut hingga saat ini.

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini