Kilas Balik Bubarnya Led Zeppelin 39 Tahun Lalu, Semua karena Duka

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – 39 tahun lalu, band rock legendaris asal Inggris, Led Zeppelin resmi dibubarkan, tepatnya 4 Desember 1980.

Kabar bubarnya band ini tentunya membuat banyak pihak dan fans kaget. Pasalnya, beberapa bulan sebelum bubar, drummer Led Zeppelin, John Bonham, dikabarkan wafat.

Dunia gempar. Salah satu kiblat band-band rock dunia ini sudah tak akan lagi ditemui di panggung-panggung manapun. Lantunan lagu Stairway to Heaven, Whole Lotta Love dan Dazed and Confused hanya bisa didengar dari hasil rekaman saja.

Led Zeppelin tampaknya putus asa, tengggelam dalam duka mendalam setelah kepergian John Bonham sang drummer. Ketiga personel tersisa, Robert Plant, Jimmy Page dan John Paul Jones memilih jalan paling buruk untuk karir grup mereka.

Berdiri sejak 1968, Led Zeppelin adalah band legendaris bergenre rock yang begitu mendunia. Mereka pun menempati urutan nomor 100 artis Hard Rock terbedar (100 Geratest Artist Of Hard Rock). Majalah sekelas Rolling Stone pun menobatkan mereka sebagai band terbesar di tahun 70-an.

Uniknya, Led Zapplin bukanlah tipe band yang memanjakan fansnya dengan single-single yang mereka keluarkan. Justru, mereka lebih sering berkarya dari album ke album. Tak dapat dipungkiri juga kalau album-album mereka terjual laris di pasaran.

Hingga saat ini, album Led Zepplin telah laku lebih dari 300 juta keping. Mereka menggelar reuni pada 2007 lalu di O2, London.

Dalam reuni ini, penonton yang hadir disebut mencapai 20 ribu orang. Led Zeppelin mengajak John Bonham, Jason untuk tampil dalam reuni yang juga dipersembahkan untuk mengenang sang drummer. (Annastasya Rizqa/RyV)

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini