Denny Ertanto
Denny Ertanto

MINEWS, JAKARTA – Pemuda adalah generasi penerus bangsa yang menjadi harapan bangsa kedepannya. Pada usia muda, bukanlah penghalang untuk meraih prestasi. Justru, usia emas untuk mengembangkan bakat dan meraih sebanyak-banyaknya prestasi untuk membanggakan negeri.

Banyak pemuda Indonesia yang meraih prestasi baik di kancah nasional maupun internasional. Menyambut hari Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober, Minews.id akan merangkum 5 pemuda berprestasi dan menginspirasi. Yuk simak!

1. Denny Ertanto

Siapa yang tidak mengenal film Avangers Endgame, film garapan Anthony Russo dan Joe Russo ini, telah dirilis pada 24 April 2019 di Indonesia. Apa kamu tahu, ada salah satu animator Indonesia yang turut andil dalam pembuatan animasi di film Avangers Endgame. Salah satunya adalah Denny Ertanto.

Pria kelahiran Jakarta ini, cukup dikenal sebagai visual effect (vfx) Indonesia yang berhasil menorehkan karirnya di industri film Hollywood. Beberapa film garapannya sebelum Endgame adalah terlibat dalam pembuatan spesial efek di film Avengers: Infinity War. Tepatnya pada adegan Iron Man dan Doctor Strange saat berada di Planet Titan.

2. Aries Susanti Rahayu

Menjadi perbincangan hangat, ketika Aries Susanti berhasil menjadi juara pada nomor speed climbing putri dalam kejuaraan dunia panjat tebing. Aries berhasil mengalahkan atlet andalan tuan rumah Yi Ling Song di babak final, dalam seri IFSC Climbing World Cup 2019 di Xianmen, China pada Sabtu, 19 Oktober 2019.

Hanya dengan.catatan waktu 6,995 detik, atlet panjat tebing asal Grobogan, Jawa Tengah ini berhasil memecahkan rekor tercepat di dunia. Rekor yang sebelumnya dipegang oleh YiLing Song, atlet asal Cina yang menjadi lawan Aries dalam putaran final dengan torehan waktu 7,101 detik, berhasil Aries lampaui.

3. I Made Wiratathya Putramas dan Carolline Mathilda Nggebu

Pelajar Indonesia berhasil torehkan prestasi dalam kompetisi ilmiah tingkat internasional. Merupakan, I Made Wiratathya Putramas dan Carolline Mathilda Nggebu, pelajar asal SMA Negeri 3 Denpasar, Bali. Mereka meraih 4th Grand Award Intel ISEF 2019 untuk kategori Earth and Environmental Sciences : Life Sciences.

Sebelumnya, dengan penelitian tentang potensi zat aktif pada tumbuhan mangrove jenis Rizhophora Apiculata, keduanya meraih Special Award kategori Physical Science dari Sigma Xi, sebuah organisasi keilmuan internasional. Wah, sangat membanggakan ya!

4. Iko Uwais

Iko Uwais

Aktor laga kelahiran Jakarta, 36 tahun silam ini, mengawali karir di dunia fim sejak ia berperan dalam film Merantau pada tahun 2009. Film The Raid : Brandal semakin melambungkan mananya dijagad perfilman Indonesia. Setelah film The Raid yang ia bintangi, dianggap sebagai salah satu film seni beladiri terbaik.

Berbagai film nasional bahkan Hollywood, ia pernah berlaga. Bahkan sejumlah penghargaan pernah ia raih, mulai dari penghargaan aktor pendatang baru terbaik tahun 2010, sampai aktor terbaik tahun 2016. Berbagai judul film pernah ia bintangi seperti, Star Wars: The Force Awakens (2015), Beyond Skyline (2017), Triple Threat (2019).

5. Lalu Muhammad Zohri

Masih ingat dengan perhelatan akbar Asian Games 2018? Pada ajang tersebut telah melambungkan nama Zohri. Setelah ia dan rekan timnya meraih urutan kedua dalam Asian Games, pada nomor 4×100 m estafet, dengan catatan waktu 38,77 detik.

Pasca Asian Games, ajang Malaysia Open Grand Prix 2019 merupakan salah satu ajang yang semakin membuat namanya meroket. Bagaimana tidak, pada ajang ini Zohri berhasil menjadi yang tercepat dengan torehan waktu 10,20 detik. Dengan mengalahkan atlet tuan rumah yaitu Zulfiqar Ismail yang mencatat waktu lebih lambat dari Zohri yaitu 10,44 detik. (Hastina/RyV)