Kenali Pembuat Menara Eiffel dan Patung Liberty

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA– Apakah kamu tahu menara Eiffel? Sebagian orang pasti pernah mendengar atau melihat melalui gambar tentang menara tersebut.

Menara Eiffel yang dirancang oleh Gustave Eiffel, seorang arsitek dan juga pakar struktur logam. Ia terkenal karena merancang menara Eiffel yang dibangun pada tahun 1887 hingga 1889, serta membangun Patung Liberty di New York, Amerika Serikat.

Gustave Eiffel memiliki nama lengkap Alexandre Gustave Eiffel yang lahir pada 15 Desember 1832 di Dijon, Prancis. Ia merupakan anak pertama dari Catherine Melanie dengan Alexandre Bonickhausen. Ayahnya mantan seorang tentara yang bekerja sebagai pegawai di Angkatan Darat Prancis. Namun, setelah Gustave lahir ibunya membuka usaha pembuatan arang. Gustave menempuh pendidikan di Lycee Royal di kota Dijon. Ia tertarik dengan mata pelajaran sejarah dan sastra. Lalu, ia meneruskan pendidikannya di College Sainte-Barbe di Paris.

Setelah lulus dari Sekolah Tinggi Seni dan Manufaktur pada tahun 1855, Eiffel mulai mengkhususkan diri pada konstruksi logam, terutama jembatan. Eiffel mendapatkan julukan si “penyihir dari besi” karena kepiawaiannya dalam mengolah konstruksi logam, khususnya jembatan.

Ia mengarahkan pembangunan jembatan besi di Bordeaux pada tahun 1858, diikuti oleh beberapa lainnya dan merancang jembatan yang tinggi dan melengkung.

Merancang jembatan tersebut menjadi proyek besar pertama yang dikerjakannya. Proyek yang dibuatnya adalah jembatan untuk menyeberangi Sungai Garonne. Untuk pekerjaan kali ini, Gustave menggunakan teknik paling inovatif pada masanya. Kesuksesan proyek jembatan tersebut membuat namanya dikenal sebagai pakar konstruksi logam.

Reputasi Gustave meningkat, ia pun ditawari berbagai proyek. Gustave memilih keluar dari tempat bekerjanya dan membuka kantor konsultan teknik sendiri pada 1865. Setelah membuka kantornya sendiri, Gustave ditawari pengerjaan kontsruksi 33 lokomotif untuk pemerintah Mesir. Gustave dan Theophile Seyrig membuka perusahaan konstruksi yang bernama Eiffel et Cie. Di mana mereka mendapatkan kepercayaan untuk mengerjakan jaringan kereta api dari Vienna menuju Budapest, Hungaria serta pengerjaan pembangunan jembatan di atas Sungai Douro, Portugal.

Empat tahun kemudian, tahun 1879 Gustave dan Seyrig mengakhiri kerja samanya dan mengubah nama perusahaan menjadi Compagnie des Etablissements Eiffel. Lalu, Gustave merekrut sejumlah karyawan yang akan membantu menyelesaikan proyek pembangunan Menara Eiffel yakni, Mauruce Koechlin, Zuruch Polytechnikum dan Emile Nouguier.

Pembangunan Menara Eiffel yang mendunia ini, sebagai pintu masuk Eiffel ke Pameran Dunia di tahun 1889. Terbukti, hingga sekarang Menara Eiffel menjadi salah satu monumen yang paling banyak dikunjungi di dunia.

Setelah dibangun, menara tersebut dijadikan landmark kota dan wisata untuk warga lokal maupun asing untuk menikmati keindahan kota Paris. Desain awal menara Eiffel dibuat oleh Maurice dan Emile. Menara itu dirancang seperti tiang besar dengan empat kolom tiang penyangga, dipisahkan di bagian bawah dan bersatu di bagian atas , lalu dihubungkan satu sama lain oleh lebih banyak balok logam secara berkala. Menara Eiffel ini didirikan di sebuah area terbuka hijau yang bernama Champ de Mars.

Setelah sukses membuat Menara Eiffel, pada 1881 Gustave dihubungi oleh Auguste Bartholdi, seorang pematung Prancis yang memintanya untuk membantu menyelesaikan proyek Patung Liberty. Eiffel merancang struktur logam yang menopang 100 ton pelat tembaga di tengah angin kencang Teluk New York. Meskipun patung tersebut tampaknya telah rusak dari pekerjaan sebelumnya, Eiffel bersikeras bahwa Patung itu tak lebih dari dermaga logam besar yang dihitung untuk menahan tekanan angin. Proyek ini setinggi 46 meter, namun pekerjaannya terhenti sebab Viollet Le Duc meninggal dunia pada tahun 1879.

Proyek pembuatan Menara Eiffel mengalami kendala yang berdampak besar untuk perusahaan Eiffel. Gustave dituntut akibat penyalahgunaan dana dan didenda sebesar 20.000 frank serta dipenjara selama dua tahun. Dalam Skandal Terusan Panama, Gustave memutuskan untuk mengundurkan diri sebagai dewan direksi Perusahaan Eiffel.

Gustave sempat beralih ke bidang meteorology dan aerodinamika. Lalu, ia membangun beberapa terowongan angin pertama dan menerbitkan efek hambatan angin pada struktur logam hingga usia delapan puluhan.

Kebanyakan orang tak tahu dengan masa tua Gustave dan keluarganya. Ia dikabarkan meninggal pada 27 Desember 1923 di kediamannya di Rue Rabelais, Paris, Prancis.

Gustave meninggal dunia saat sedang mendengarkan alunan musik. Jenazahnya dimakankan di pemakaman Levallois Perret di pinggiran kota Paris.

Reporter: Azizah Putri Octavina

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini