Jangan Ngeledek Kota Bekasi Lagi, Sejarahnya Gak Bisa Diremehin

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA  – Pernah viral candaan bahwa Bekasi adalah kota di luar planet bumi. Tapi tahukah Kamu, berdirinya wilayah berjuluk kota patriot itu bersejarah banget buat keutuhan Indonesia.

Ya, kalau ditelisik sejarahnya, pertama, masyarakat Bekasi pernah ikut menolak Indonesia dijadikan sebagai negara Republik Indonesia Serikat (RIS), hingga menuntut Pemerintah Indonesia mengganti wilayah yang dulu merupakan Kabupaten Jatinegara menjadi Kabupaten Bekasi.

Kedua, di masa penjajahan Belanda, seorang kyai yang dijuluki singa Karawang-Bekasi dikenal masyarakat sebagai orang yang gigih mempertahankan wilayah itu dari tangan Pemerintah Kolonial Belanda. Dia lah Kyai Haji Noer Ali.

Jika ditilik dari asal usul katanya, nama Bekasi memiliki arti dan nilai sejarah yang panjang.

Menurut Poerbatjaraka, seorang ahli bahasa Sansekerta dan Jawa Kuno, kata Bekasi secara filosofis berasal dari kata Chandrabhaga.

Dalam bahasa Jawa Kuno, Chandra berarti bulan (sama  dengan kata ‘Sasi’) dan Bhaga yang berarti bagian. Jadi, secara etimologis kata  Chandrabhaga  berarti bagian dari bulan.

Kemudian kata ‘Chandrabhaga’ berubah menjadi Bhagasasi yang pengucapannya  sering disingkat  menjadi  Bhagasi. Kata Bhagasi ini dalam pelafalan bahasa Belanda seringkali ditulis  Bacassie kemudian berubah menjadi  Bekasi  hingga kini.

So, masih mau bercandaan Bekasi ada di planet mana, yuk lihat sejarahnya.

Pramirvandatu

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini