Jadi Web Populer di Polandia, Wikipedia Dibuatkan Monumen

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Bagi Kamu yang sering mencari informasi di internet, pasti tidak asing lagi dengan Wikipedia. Begitu banyak artikel yang tersedia di sana hingga dibuatkan monumen di Polandia.

Wikipedia diluncurkan pada 15 Juni 2001 oleh Jimmy Wales dan Larry Sanger. Nama Wikipedia merupakan ide dari Sanger yang berasal dari campuran kata “Wiki” dan “Encyclopedia”.

Laman itu awalnya hanya tersedia dalam bahasa Inggris, hingga kini berkembang ke dalam ratusan bahasa lainnya, termasuk Bahasa Indonesia.

Baik Jimmy maupun Larry tidak pernah menyangka Wikipedia bisa menjadi sebesar sekarang berisi puluhan juta artikel.

Hingga sebuah monumen dibangun di Slubice, Polandia untuk menghormati ratusan ribu editor anonim.

Monumen Wikipedia terletak di Slubice, Polandia dan diresmikan tanggal 22 Oktober 2014. Di Polandia, Wikipedia menjadi situs web populer dengan lebih dari satu juta artikel.

Pada tahun 2010, Krzysztof Wojciechowski, seorang profesor Universitas dan Direktur Collegium Polonicum di Slubice mengusulkan untuk membuat monumen itu.

Perwakilan Wikimedia Polska mengatakan bahwa organisasi tersebut berharap bahwa proyek ini akan meningkatkan kesadaran dan mendorong lebih banyak orang lagi untuk berkontribusi.

Setelah itu, monumen dirancang oleh seniman kelahiran Armenia, bernama Mihran Hakobyan, yang lulus dari Collegium Polonicum. Biaya pembuatannya sekitar 50.000 Zloty (11.700 euro) dan didanai oleh otoritas regional Slubice.

Alasan monumen ini dibuat, karena warga Slubice ingin memberi penghormatan kepada ribuan editor anonim di seluruh dunia, yang sudah berkontribusi secara sukarela dalam pembuatan Wikipedia.

Saat peresmian monumen, Wikipedia telah tersedia lebih dari 280 bahasa dan berisi sekitar 30 juta artikel. Orang-orang di balik monumen ini merasa yakin bahwa dengan Wikipedia sebagai salah satu pijakan, masyarakat dapat berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan peradaban, keadilan sosial, dan perdamaian antar bangsa.

Tinggi monumen Wikipedia yaitu 2 meter. Bentuk monumen terdiri dari empat wanita yang memegang bola dunia tinggi-tinggi seperti yang biasa kita lihat logo di laman Wikipedia. (Annisaa Rahmah)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Antisipasi Daging Sapi Terjangkit Antraks, Pemkot Jogja Sidak Pedagang Pasar

Mata Indonesia, Gunung Kidul - Kasus antraks yang terjadi di Gunungkidul dan Sleman diantisipasi lebih cepat oleh Pemkot Jogja. Meski Kementan sudah menggerakkan jajarannya termasuk Pemkab Gunungkidul untuk memvaksinasi hewan ternak warga, antisipasi oleh pemerintah wilayah lain juga harus dilakukan.
- Advertisement -

Baca berita yang ini