Ireng dan Kiboud Maulana, Maestro Jazz Didikan Tjok Sinsoe

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Generasi jazz yang dibentuk Tjok Sinsoe adalah dua keponakannya sendiri, Ireng dan Kiboud Maulana. Keduanya bahkan ditasbihkan sebagai maestro jazz Indonesia setara dengan Jack Lesmana ayah Indra Lesmana.

Ireng dan Kiboud adalah anak dari adik perempuan Tjok Sinsoe, Georgiana yang menikahi Max Maulana.

Bakat Ireng dan Kiboud memang berasal dari ayah dan ibunya. Meski bukan musisi profesional, Max dan Georgiana gemar bermain musik dan bernyanyi.

Namun, sang paman yang menjadi musisi jazz profesional tidak bisa dipungkiri ikut memotivasi keduanya menggeluti jenis musik yang sama.

Di antara keduanya, Kiboud memang lebih dahulu terjun ke musik jazz. Lelaki bernama asli Boudewijn Maulana itu semakin dikenal di dunia jazz setelah mendirikan Jakarta All Stars bersama Idang Rasjidi, Cendi Luntungan, Embong Rahardjo, Jeffrey Tahalele, dan Adji Rao.

Bersama The Jakarta All Stars Kiboud beberapa kali tampil dalam berbagai festival bergengsi seperti salah satunya North Sea Jazz Festival. Hingga kini, nama The Jakarta All Stars menjadi band yang sangat disegani di dunia musik Indonesia.

Salah satu prestasi Kiboud adalah berkolaborasi dengan penyanyi blues legendaris dunia BB King.

Sementara sang adik Ireng Maulana yang bernama asli Eugene Lodewijk Willem Maulana itu lebih dikenal dengan grup band Ireng Maulana All Stars. Nama band itu menjadi sangat hipe saat mengiringi acara kuis “Berpacu Dalam Melodi.”

Selain bermain di sejumlah festival jazz dalam dan luar negeri, Ireng juga berhasil membuat 17 album musik jazz.

Kini kedua keponakan Tjok Sinsoe itu diakui sebagai maestro jazz Indonesia .

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Danrem 072/Pamungkas Hadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Pengamanan Mudik Idul Fitri 1445 H

Mata Indonesia, Magelang - Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Zainul Bahar, S.H., M.Si hadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam rangka Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1445 H bertempat di Semanggi Ballroom Hotel Artos, Jl. Mayjen Bambang Soegeng No.1, Kedungdowo, Mertoyudan, Magelang, Jawa tengah. Jumat, (29/3/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini