Inilah Orang Pertama dan Selebriti Dunia yang Terkena AIDS

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Hari AIDS sedunia diperingati tanggal 1 Desember. Penyakit ini  (Acquired Immune Deficiency Syndrome) merupakan infeksi yang muncul, karena lemahnya sistem kekebalan tubuh manusia akibat Human Immunoveficiency Virus (HIV).

Dengan adanya hari AIDS ini untuk mengingatkan betapa pentingnya waspada terhadap penyakit yang belum ada obatnya ini. Lantas siapakah penderita AIDS pertama kali?

Gaetan Dugas adalah seorang pria asal Prancis-Kanada yang bekerja sebagai pramugara di Air Canada. Dugas terduga sebagai penderita pertama AIDS, namun sekarang lebih dikenal sebagai salah satu pria yang sangat aktif secara seksual yang menyebarkan HIV sebelum penyakit ini teridentifikasi.

Dugas membawa virus tersebut dari Afrika dan memperkenalkan ke komunitas gay di dunia barat. Shilts menyebut Gaetan Dugas memiliki perilaku nyaris sosiopatik dengan sengaja menularkan virus atau membahayakan orang lain.

Dugas dikabarkan sebagai atlet seksual yang lembut dan tampan. Menurut perkiraannya, ia memiliki ratusan pasangan seks setiap tahunnya.

Ia mengklaim telah berkencan dengan lebih dari 2.500 orang di seluruh Amerika Utara sejak aktif secara seksual pada tahun 1972. Selain itu, Dugas secara resmi menikah di Los Angeles pada 27 Juni 1977 dalam suatu upaya ilegal demi mendapatkan kewarganegaraan Amerika Serikat.

Sayangnya, hidup Dugas tak bertahan lama. Ia meninggal dunia di Quebec City. Pada 30 Maret 1984 akibat gagal ginjal. Penyebabnya infeksi berkelanjutan terkait virus HIV.

Jumlah pengidap HIV/AIDS yang diperoleh data dari CIA World Factbook, pada tahun 2015 sekitar 36,7 juta di seluruh dunia. Pada tahun 2019 di Indonesia jumlah pengidap penyakit ini sebanyak 349.883.

Adapula deretan selebriti yang terjangkit penyakit AIDS antara lain yang pertama, Freddy Mercury adalah seorang vokalis band legendaris Queen. Ia menyembunyikan penyakitnya selama bertahun-tahun dengan rapat.

freddiemercury
Freddie Mercury. (npr.org)

Setelah ia mengumumkan kepada publik bahwa ia mengidap AIDS, tak lama kemudian meninggal dunia. Freddy meninggal akibat komplikasi yang timbul karena infeksi virusnya, saat itu ia berusia 45 tahun.

Kedua, Jonathan Van Ness ia merupakan bintang televisi asal Amerika Serikat. Ia menderita penyakit ini saat berusia 25 tahun. Saat ia remaja Jonathan pernah menerima kekerasan seksual. Ia melakukan hubungan seksual secara sembarangan dan mengonsumsi obat-obatan terlarang.

Jonathan Van Ness
Jonathan Van Ness

Pria ini menerima kalau ia mengindap HIV dan menjadikan ini sebagai perubahan ke arah yang baik.

Ketiga, Gia Carangi supermodel pertama dan tercantik di dunia. Ia kabarkan meninggal akibat penyakit AIDS yang di deritanya dan akibat mengkonsumsi obat-obatan terlarang.

Ia lebih menyukai berhubungan dengan perempuan. Gia pernah menjalin hubungan asmara dengan fotografer wanita, penata rias, dan desainer wanita. Sayangnya, saat usianya 26 tahun, ia tertular melalui penggunaan narkoba suntikan.

Keempat, Kevin Peter Hall. Ia merupakan pemeran utama di film Predator dan Harry di Harry and the Hendersons. Kevin ini tertular melalui transfusi darah tahun 1991 karena pneumonia akibat AIDS. Tak lama tertular, ia kemudian meninggal dunia.

Kevin Peter Hall
Kevin Peter Hall

Kelima, Amanda Blake selebriti asal Hollywood yang meninggal karena AIDS. Amanda tertular penyakit AIDS karena suaminya. Walaupun ia memiliki penyakit kanker tenggorokan, tetapi ia meninggal akibat komplikasi AIDS. Amanda meninggal pada 19 Agustus 1989 di California, saat berusia 60 tahun.

Nah, itu dia deretan selebriti yang meninggal karena AIDS dan orang pertama yang mengidap AIDS. Untuk itu kita harus menjaga kesehatan tubuh kita dan pencegahan terhadap AIDS.

Selain itu, kita harus memberikan dukungan kepada penderita AIDS untuk membantu menguatkan diri mereka. Walaupun hingga saat ini belum ada yang menemukan obat AIDS, namun kemungkinan sembuh dari penyakit ini ada.

Reporter: Azizah Putri Octavina

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini