Mulan
Mulan

MATA INDONESIA, JAKARTA – Disney akan merilis remake film ‘Mulan’ versi live-action pada tanggal 27 Maret 2020. Film ini mengisahkan tentang keberanian seorang gadis asal Cina yang menyamar menjadi seorang pria demi bisa terjun ke medan perang untuk menggantikan ayahnya yang sudah tua.

Di Cina, Mulan dikenal dengan sebutan Hua Mulan dan ia adalah salah satu sosok wanita pejuang paling legendaris di Negeri Tirai Bambu tersebut. Kisah heroiknya bahkan telah terekam dalam teks-teks kuno dan diceritakan kembali dalam sebuah puisi populer berjudul ‘Ballad of Mulan’. Hingga saat ini, kisah tentang Hua Mulan masih terus diceritakan oleh sekolah-sekolah di Cina.

Dalam bahasa Cina, ‘Hua’ berarti ‘bunga’ dan ‘Mulan’ berarti ‘magnolia’. Sejak zaman kuno, bunga magnolia sudah menjadi salah satu simbol Cina. Namun ada informasi berbeda tentang asal-usul keluarga Mulan.

Dalam teks History of the Ming, nama keluarganya adalah Zhu, tetapi dalam History of the Qing nama keluarga Mulan adalah Wei. Hanya satu informasi yang dapat dipastikan hingga saat ini, yaitu kisah Mulan memiliki keterkaitan dengan sejarah Cina pada abad ke-4 M hingga abad ke-5 M.

Mengutip dari Ancient Origins, sumber asli dari cerita tentang Mulan berasal dari satu lagu daerah Dinasti Wei Utara pada tahun 386 M hingga 557 M yang disebut ‘Ballad of Mulan’. Sayangnya, karya aslinya saat ini sudah tidak ada lagi dan teks puisi tersebut berasal dari karya lain yang dikenal sebagai Koleksi Biro Musik.

Kisah Mulan sebagai seorang pejuang wanita sangatlah tertanam di hati masyarakat Cina. Pada akhir masa Dinasti Ming pada tahun 1593, dramawan Xu Wei mendramatisir legenda Mulan menjadi drama dua babak berjudul ‘The Female Mulan’ atau ‘The Heroine Mulan Goes to War in Her Father’s Place’.

Tak hanya itu, versi terakhir dari kisah Mulan juga tertuang dalam novel sejarah berjudul ‘Sui-Tang Romance’ yang ditulis oleh Chu Renhuo pada abad ke-17 M.

Meski terus dikembangkan dalam berbagai versi, plot kisah Mulan masih tetap sama dari waktu ke waktu.

Kisah diawali dengan Mulan yang sedang mencuci pakaian kemudian mendengar bahwa tentara sedang merekrut anggota baru. Untuk menyelamatkan ayahnya, Huan Hu, yang tua dan sakit, Mulan pun memutuskan untuk menyamar menjadi seorang laki-laki agar direkrut menjadi anggota.

Dalam kontribusi perangnya selama 10 hingga 12 tahun kemudian, Mulan akhirnya pun memperoleh penghargaan tertinggi sebagai seorang jenderal perang, tetapi ia menolaknya dan lebih memilih kembali ke kota asalnya.

Saat perang, Mulan bertemu dengan seorang perwira bernama Jin Yong yang kemudian jatuh cinta kepadanya. Akhirnya, diketahui bahwa semua prajurit pun mengetahui identitas Mulan, ia adalah seorang wanita.

Pernah suatu ketika, sebelum masa peperangan yang sulit tiba, Mulan hadir di tengah pasukan tentara dengan menggunakan pakaian wanita. Disaat itu pulalah ia memperoleh apresiasi dari seluruh prajurit yang kemudian hormat dan kagum kepadanya.

Saat perang itu berlangsung, Mulan terlihat tegas dengan keberanian, keanggunan, dan kebijaksanaannya. Karena itulah dia menginspirasi pasukannya untuk memenangkan pertempuran untuk ke sekian kalinya.

Setelah kemenangan heroiknya, sang kaisar akhirnya ingin memberi penghargaan pada Mulan. Dia terkejut bahwa prajuritnya yang paling berani adalah seorang wanita. Namun Mulan tidak meminta apa pun selain seekor kuda untuk pulang.

Kisah Mulan ini muncul pada saat Cina menderita di bawah invasi kelompok etnis nomaden. Pemerintah pusat sepenuhnya dihancurkan oleh kelompok biadab. Perang itu mengerikan dan para pejuang membutuhkan sumber harapan.

Perang memakan waktu lebih dari tiga abad dan mempengaruhi banyak bagian Kekaisaran Cina. Karena itu, seorang prajurit wanita, dalam bentuk Mulan atau yang lain, adalah fenomena yang mengilhami tentara untuk bertarung.

Legenda Hua Mulan hidup kembali setiap kali Cina membutuhkan harapan dan inspirasi. Karakter Mulan tetap menjadi motif yang sangat populer dalam seni dan sastra. Dia tampil sebagai pahlawan wanita lebih dari 10 film dan drama teater.

Ia juga merupakan pahlawan wanita dalam novel-novel modern dan buku-buku yang diteliti. Monumennya terletak di banyak tempat di seluruh dunia. Bahkan kawah di Venus dinamai menurut namanya. Hua Mulan adalah simbol keberanian dan kehormatan.

Banyak orang Cina yang percaya bahwa kisah Mulan adalah nyata dan bukan legenda. Selama Mulan bisa menginspirasi, maka bukanlah suatu hal yang perlu dipermasalahkan apakah sosoknya benar-benar ada atau tidak. (Marizke)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here