Jenderal Polisi (Purn.) Drs. Hoegeng Imam Santoso
Jenderal Polisi (Purn.) Drs. Hoegeng Imam Santoso

MATA INDONESIA, JAKARTA – Bagi “anak zaman now” sudah pasti tidak tahu sosok Kapolri Jenderal Hoegeng Iman Santoso yang secara retorika selalu dijadikan contoh polisi masa kini. Beruntung pembuat film dokumenter Michael Rubbo berhasil mengabadikan sepenggal kerja sehari-hari polisi yang diakui paling jujur se Indonesia hingga sekarang.

Michael yang membuat dokumenter untuk National Film Board Canada itu bahkan mengabadikan sepak terjang Hoegeng dari dekat dengan menumpang mobil Kapolri.

Maka dia bisa mengabadikan bagaimana seorang kapolri masa itu turun tangan langsung mengatur pengemudi becak yang melanggar aturan.

Tidak seperti polisi yang arogan, Hoegeng dalam film berdurasi 58 menit itu justru menegur para pengemudi becak itu dengan bahasa yang halus agar tidak melanggar aturan.

Hoegeng memang dikenal sangat ramah kepada “orang kecil,” termasuk bawahannya, namun dia dikenal tidak kompromi terhadap “orang kuat” yang melanggar hukum atau aturan termasuk Presiden Soeharto.

Hal menarik dari Hoegeng pada film “Wet Earth Warm People Jakarta” adalah bahasa Inggrisnya yang lancar sehingga Michael Rubbo tidak kesulitan mewawancarainya.

Hoegeng juga selalu datang paling pagi di antara polisi lainnya. Kepada Rubbo dia mengungkapkan alasan selalu masuk kantor awal bukan semata-mata sebagai Kapolri, karena dia memosisikan dirinya sebagai polisi biasa.

 

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here