Ini Sejumlah Nama untuk Stasiun Jakarta Kota

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Stasiun Jakarta Kota yang diresmikan operasionalnya 8 Oktober 1929, dikenal dengan banyak nama.

Nama yang paling terkenal adalah Beos. Supir bajaj hingga Transjakarta banyak yang menyebut begitu jika kita minta diantarkan ke tempat tersebut.

Nama Beos sendiri dikabarkan memiliki sejumlah versi. Yang pertama Bataviasche Ooster Spoorweg Maatschappij berarti Maskapai Angkutan Kereta Api Batavia Timur.

Versi lain, Beos berasal dari kata Batavia En Omstreken, yang artinya Batavia dan Sekitarnya.

Hal itu sesuai dengan fungsi stasiun sebagai pusat transportasi kereta api yang menghubungkan Kota Batavia dengan kota lain seperti Bekassie (Bekasi), Buitenzorg (Bogor), Parijs van Java (Bandung), Karavam (Karawang), dan lain-lain.

Sebelumnya Stasiun itu dikenal dengan sebutan Batavia Zuid atau Batavia Selatan karena ada stasiun yang sama di sebelah utaranya yaitu Batavia Noord.

Stasiun terakhir ini letaknya sangat dekat dengan Museum Sejarah Jakarta atau Museum Fatahilah, namun karena rawan banjir maka stasiun itu dipindahkan ke selatan di tempatnya sekarang.

Kini, selain Beos nama resminya adalah Stasiun Jakarta Kota.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini