Ini Negara Pengganjal Timor Leste Jadi Anggota ASEAN

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Satu negara yang masih menolak Timor Leste menjadi anggota ASEAN adalah Singapura dan beberapa lembaga ASEAN termasuk forum menteri luar negeri maupun beberapa ahli kawasan.

Namun ada alasan yang dikemukakan jika alasan penolakan adalah kecilnya produk domestik bruto (PDB) Timor Leste. Faktanya PDB Negara Laos masih lebih kecil lagi.

Meski begitu Singapura beralasan kemampuan ekonomi negeri tersebut akan mengganggu organisasi tersebut.

Apalagi saat pandemi Covid19 melanda dunia. Kondisi ekonomi negara ini semakin berat dan membuat Singapura semakin keras menolaknya menjadi anggota ASEAN.

Meski begitu, Indonesia yang notabene bekas pemerintah pusat Timor Leste saat masih menjadi Provinsi Timor Timur, mendukung penuh upaya negeri mungil tersebut.

Menteri Luar Negeri Indonesia pernah menyarankan ASEAN membentuk suatu modalitas yang memungkinkan Timor Leste menjadi anggota, tetapi diberlakukan terpisah dengan komunitas ASEAN.

Sebab, hal tersebut juga diterapkan di beberapa negara anggota seperti Kamboja, Myanmar, Laos dan Vietnam yang memberlakukan pengaturan khusus di bidang tertentu untuk memperhatikan tingkat pembangunan ekonomi mereka.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini