Rabu, Januari 19, 2022

Ini Awal Mula Terciptanya Mobil Listrik

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Perkembangan dunia otomotif terus mengalami kemajuan yang pesat. Hal itu terlihat dengan kemunculan kendaraan-kendaraan dengan segala fitur yang canggih dan peralihan mobil bertenaga bahan bakar minyak menjadi tenaga listrik.

Namun, berbicara soal mobil listrik yang ramah lingkungan, kebanyakan orang menganggap bahwa kendaraan ini tercipta dari teknologi masa depan. Mobil listrik adalah mobil yang digerakkan menggunakan tenaga listrik yang di simpan di dalam baterai. Tahukah kamu, mobil listrik sudah dikembangkan dari tahun 1800-an dan pada tahun 1900-an.

Pada tahun 1832, seseorang bernama Robert Anderson menciptakan sebuah mobil roda tiga yang menggunakan tenaga listrik berasal dari baterai yang tidak bisa diisi ulang. Temuan Robert Anderson ini dianggap sebagai mobil listrik pertama di dunia.

Di tahun 1881–1882 penemuan mobil listrik mulai dikembangkan dan diproduksi, tiga orang asal Perancis yang bernama Charler Jeantaud, Camille Faure, dan Nicolas Raffard berhasil membuat mobil listrik yang bernama “La Tribully”.

Di tahun yang sama, Gustave Trouve, meluncurkan dan memamerkan mobil listrik modifikasi dengan menggunakan mesin listrik buatan Siemens yang dipasang pada mobil roda tiga bernama “Starley” asal Inggris.

Adanya penemuan tersebut, membuat perindustrian mobil listrik mulai berkembang. Beberapa produsen mobil listrik pertama yang ada pada waktu itu diantaranya Elwell-Parker dari Inggris. Dari negara Perancis perusahaan Jeantaud juga ikut memproduksi mobil listrik sampai tahun 1906.

Tahun 1998, menjadi era dimana mobil listrik sudah tidak diminati karena memakan waktu yang lama untuk pengisian baterai. Ditambah lagi dengan, perkembangan mobil berbahan bakar bensin buatan Ford yang bernama Ford T banyak diminati masyarakat karena harga yang cukup terjangkau dan memiliki jarak tempuh yang jauh dibandingkan mobil bertenaga listrik.

Absen selama kurang lebih empat dekade, mobil tenaga listrik kembali muncul dan di lirik oleh beberapa produsen untuk dikembangkan kembali. Salah satu produsen pada saat itu adalah General Motors yang dipimpin oleh Roger Smith pada tahun 1988, mulai membangun mobil bertenaga listrik bernama EV1 yang mulai diproduksi pada tahun 1996 sampai 1999.

Di Jepang, Toyota meluncurkan mobil hybrid pertamanya pada tahun 1997 yang bernama Toyota Prius. Toyota berhasil menjual “Prius” di seluruh dunia secara kumulatif mencapai satu juta unit pada tahun 2008.

Di tahun 2007, Tesla Motors yang dipimpin Elos Musk saat ini, memperkenalkan mobil tenaga listrik yang bernama Tesla Roadster. Semenjak munculnya mobil sport bertenaga listrik buatan Tesla ini, mobil tenaga listrik mulai berkembang pesat sampai saat ini karena mendapat dukungan dari berbagai negara akan mobil yang ramah lingkungan.

Reporter: Fachmi Juniyanto.

BERIKAN KOMENTAR POSITIF

Ayo berikan komentar
Tuliskan nama

Berita Terbaru

Cerita Kirsten Dunst soal Adegan Ikonis Ciuman dengan Spider-Man

MATA INDONESIA, LOS ANGELES - Kirsten Dunst bercerita tentang sulitnya adegan ciuman dengan Tobey Maguire di film 'Spider-Man'. Tapi,...
- Advertisement -

Baca berita yang ini