mobil dan motor honda
mobil dan motor honda

MATA INDONESIA, JAKARTA-Honda saat ini dibilang menjadi salah satu raksasa di dunia otomotif. Perusahaan asal Jepang itu terus mengeluarkan produk terbaru dari tahun ke tahun.

Meski begitu, tak banyak orang tahu, motor pertama yang diluncurkan oleh honda. Ditelusuri daro situs honda-museum, ternyata produksi pertama mereka adalah Model D (Dream) yang diluncurkan pada 1949.

Namun sejarah sebenarnya adalah pada 1946, Honda mulai menjual mesin sepeda tambahan di Jepang pasca perang, di mana transportasi murah sangat dibutuhkan. Baru dua tahun kemudian Honda Motor Company resmi didirikan.

Dua tahun setelah memasarkan model Honda Dream yang didukung mesin tunggal 2 tak berpendingin udara, perusahan tersebut memperkenalkan motor 4 tak. Model itu tetap menjadi konsep mesin pilihan Honda.

Sementara sepeda motor twin-cylinder pertama yang milik Honda Emblem adalah Dream C70 dan menampilkan mesin OHC dengan 247cc dan 17,7PS.

CS71 yang kemudian dirilis adalah model sepeda motor sport Honda yang pertama dan memiliki muffler yang trendi untuk menekankan kecepatannya. Model Honda CB pertama, Benly CB92 muncul di tahun 1959.

Tak hanya membuat motor, Honda mulai mengembangkan sayapnya membuat mesin mobil dan mulai membuat mobil pertama pada tahun 1962.

Diketahui, ada tiga jenis mobil yang diperkenalkan Honda saat itu, Honda S360 dan S500 yang berjenis sedan, lalu Honda T360 yang berjenis truk kecil.

Namun dari ketiga model yang diperkenalkan pada tahun 1962, yang pertama kali diproduksi massal adalah Honda T360 pada tahun 1963.

Kalau ngomongin mesinnya, Honda T360 mesinnya sama persis dengan Honda S360 dan berkubikasi 356 cc saja. Mobil ini hanya punya tenaga maksimal 30 dk, malah kalah tuh dengan Honda CBR250RR yang powernya diklaim 38 dk.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here