Ingin Sukses seperti Steve Jobs? Jangan Pernah Ucapkan Satu Kata Ini

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Hari ini, Senin 24 Fabruasi 2020, pendiri perusahaan Apple, Steve Jobs genap berusia 65 tahun jika yang bersangkutan masih hidup.

Selain Apple, dirinya juga merupakan pendiri NeXT dan orang yang mengantarkan Pixar menuju kesuksesan. Namun, tahukah Anda, dibalik kesuksesan Steve Jobs, ada satu kata yang menjadi kunci dirinya bisa besar dan sukses selama karirnya?

Dikutip dari “InC”, pada Konferensi Pendiri Apple Sedunia, Steve Jobs mengatakan bahwa kata ‘tidak’ penting untuk membantunya lebih fokus dalam membangun kesuksesan.

“Kita sering diajarkan bahwa ‘iya’ adalah kata ajaib, kata yang akan membuka pintu dan mengarah pada berbagai peluang yang mengubah hidup dan karier kita,” ujar Steve Jobs.

Alih-alih mengatakan ‘iya’, Steve Jobs mengatakan untuk pertahankan fokus Anda dengan mengatakan ‘tidak’ pada hal-hal sebagai berikut.

  1. ‘Tidak’ Melakukan Semuanya Sendiri

Bagi Steve Jobs, mengerjakan semuanya sendiri bukanlah langkah yang tepat. Seharusnya, langkah pertama adalah mengelilingi diri Anda dengan orang-orang pintar. Selanjutnya, Anda mundur dan membiarkan mereka bekerja.

Tidak masuk akal untuk mempekerjakan orang pintar dan memberi tahu mereka apa yang harus dilakukan. Namun, sebaliknya pekerjakan orang-orang pintar sehingga mereka dapat memberi tahu kamu apa yang harus dilakukan.

  1. ‘Tidak’ Melakukan Hal Kompleks yang tidak perlu

Kesederhanaan adalah aspek kunci Steve Jobs untuk memulai bekerja. Dalam sebuah wawancara tahun 1998 dengan Business Week. “Salah satu ‘mantra’ Saya adalah fokus dan kesederhanaan. Anda harus bekerja keras untuk membuat pikiran Anda tenang agar dapat berpikir sederhana.” Katanya.

Menurut Steve Jobs, dibandingkan Anda fokus oleh hal kompleks yang tidak perlu, lebih baik luangkan waktu untuk memilah hal kompleks tersebut menjadi sesuatu yang sederhana.

  1. ‘Tidak’ Berhenti

Steve Jobs adalah orang yang sangat percaya bahwa sebagian besar keberhasilan dapat diraih jika kita mau bertahan. Dalam wawancara tahun 1995 dengan Computerworld Information Technology Awards Foundation, ia menjelaskan,

“Saya yakin bahwa apa yang membedakan pengusaha sukses dan yang tidak sukses adalah ketekunannya.”

  1. ‘Tidak’ Tergoda dengan Peluang yang Tidak Sesuai

Peluang datang dalam berbagai bentuk. Kita akan mudah tergiur jika kita menganggap peluang tersebut tampak menjanjikan. Jika terus-menerus mengatakan ‘iya’ kepada berbagai peluang, Anda akan dibuat terlalu sibuk dan fokus pun terpecah.

Seperti yang Steve Jobs katakan, jika Anda ingin bertahan, Anda hanya perlu mengejar peluang yang paling cocok dengan passion Anda, bukan karena menjanjikan atau tidaknya peluang tersebut.  (Anis Fairuz)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini