Hey Jude, Sebuah Lagu dari McCartney untuk Anak John Lennon

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – 52 tahun sudah lagu legendaris ‘Hey Jude’ dirilis oleh The Beatles. Mungkin Anda tidak tahu, bahwa Jude sebenarnya berawal dari nama Jules. Harusnya lagu ini berjudul Hey Jules, namun diubah menjadi Hey Jude.

Jules adalah nama panggilan anak dari John Lennon, yakni Julian Lennon, hasil pernikahannya dengan istri pertama, Cynthia Lennon.

Lagu ini ditulis oleh Paul McCartney untuk mengobati kesedihan Jules, ketika John Lennon dan Cynthia bercerai karena hadirnya orang ketiga, Yoko Ono.

Awalnya, McCartney memberi judul lagu tersebut ‘Hey Jules’. Namun ia mengubahnya menjadi Hey Jude, yang berasal dari nama seorang karakter di Oklahoma, yang dikaguminya.

Namun, McCartney tak pernah mengubah tujuan sebenarnya lagu tersebut. Sementara Jules, baru mengetahui lagu itu diciptakan untuknya, setelah 20 tahun lamanya sejak pertama dirilis.

Jules memang dikenal dekat dengan McCartney, yang sudah seperti ayah keduanya. Bahkan, Jules mengaku, ia lebih banyak menghabiskan masa-masa kecilnya dengan McCartney dibanding ayahnya sendiri, John Lennon.

“Paul dan saya dulu sering bergaul. Lebih sering daripada yang dilakukan ayah dan saya. Kami punya persahabatan yang hebat, dan tampaknya ada jauh lebih banyak foto saya dan Paul bermain bersama pada usia itu daripada foto saya dan ayah saya,” kata Jules dalam sebuah wawancara.

Fakta lainnya, lagu Hey Jude diciptakan McCartney hanya dalam waktu singkat. Ia menulisnya di dalam mobil, setelah perjalanan pulang usai bertemu Cynthia dan Jules.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini