Harus Tahu Nih! 7 Fakta Hari Bumi yang Diperingati 22 April

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Setiap 22 April, ratusan juta orang di seluruh dunia setiap tahunnya terlibat dalam peringatan Hari Bumi. Ada yang berdemonstrasi, melakukan kegiatan penanaman pohon, membersihkan sampah, dan lainnya.

Hari Bumi yang diperingati sejak 1970 lalu ini telah menjadi satu momen penting untuk umat manusia melakukan perenungan besar-besaran tentang kondisi bumi yang kian memprihatinkan.

Peringatan ini menyajikan banyak kisah. Ada banyak fakta menarik tentang Hari Bumi yang mungkin belum pernah kamu tahu atau kamu dengar, seperti berikut ini:

1. Hari Bumi awalnya diperingati pertama kali pada 22 April 1970 di Amerika Serikat. Namun, pada 1990, peringatan tersebut mendapat pengakuan dunia.

2. Gaylord Nelson adalah orang yang pertama kali menggaungkan peringatan Hari Bumi. Saat itu, ia adalah seorang senator AS.

3. Tahun 2009, Disney mengguncang dunia dengan merilis film dokumenter berjudul Earth. Film tersebut meledak dan diterima kalangan luas.

4. Peringatan Hari Bumi pertama kali ditanggapi dengan antusiasme tinggi warga AS saat itu. Tercatat, lebih 20 juta orang turun ke jalan-jalan memprotes Revolusi Industri dan melahirkan gerakan lingkungan.

5. Tahun 2009, PBB sempat mengganti nama Hari Bumi menjadi Hari Ibu Bumi Internasional.

6. Di beberapa negara, sekolah dan komunitas memperingati Hari Bumi bukan hanya sehari, bahkan sampai sepekan, yang diisi dengan kegiatan-kegiatan peduli lingkungan.

7. Untuk memperingati Hari Bumi pada 2012 lalu, sekitar 100 ribu warga Cina mengendarai sepeda sebagai gerakan peduli lingkungan dan peduli bahan bakar.

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini