Home Kisah Gitaris Damon Koeswoyo, Ikuti Jejak Sang Legendaris Indonesia!

Gitaris Damon Koeswoyo, Ikuti Jejak Sang Legendaris Indonesia!

0
1386
Tonny Koeswoyo dan Damon Koeswoyo (facebook)

MATA INDONESIA, JAKARTA– Damon Koeswoyo mengikuti jejak sang ayah sebagai pemusik. Ia adalah putra ketiga dari Tonny Koeswoyo.

Kelahiran Damon bertepatan dengan siatuasi Koes Plus dalam genggaman perusahaan rekaman Remaco menandai lahirnya album volume 8 kolam susu. Damon bergabung dengan grup musik Kidnap Katrina dan Koes Plus 2nd Generasi.

Sebelumnya sang ayah tak ingin anaknya menjadi musisi. Ia menyuruh anak-anaknya untuk terjun ke dalam profesi lain.

Damon terjun ke dunia musik bersama grup band Kidnap pada tahun 1990-an. Kini ia membentuk kelompok Dadakoe bersama saudaranya, yakni David Koeswoyo.

Kelompok yang baru saja dibentuk ini tampil membawakan lagu-lagu dari Koes Bersaudara ataupun Koes Plus. Sang ayah produktif di dunia musik saat Damon masih kecil. Meskipun mereka tak tinggal bersama, Damon masih ingat ayahnya sering mengunjunginya dan mengajaknya pergi bersama.

Ketika Damon berusia 11 hingga 12 tahun ia diajak Tonny ke studio musik. Damon diminta memainkan piano dan drum dengan mengikuti alunan nada yang sang ayah ajarkan.

Saat ia masih kecil beberapa kali Damon menonton langsung pertunjukkan Koes Plus bersama ibu dan kakak-kakaknya. Walaupun memiliki nama orang tua yang melambung, tetapi tak membuat Damon tinggi hati dan sombong.

Serta kehidupan keluarga mereka pun biasa-biasa saja. Ia merasa bangga terhadap ayahnya karena telah menjadi grup musik besar di Indonesia pada masanya.

Ketika ayahnya meninggal dunia, ia sedang bermain pinball di suatu pusat perbelanjaan. Namun, usianya masih belum dewasa, jadi Damon belum paham dan tak begitu peduli, saat ayahnya sedang kritis dan ia diminta datang ke rumah sakit.

Setelah melihat jenazah ayahnya ia merasa kehilangan yang amat mendalam hingga terbawa sampai saat ini. Pria ini mengaku sangat kehilangan sosok Tonny yang dapat dijadikan panutan.

Sebagai anak dari pemusik legendaris ia mengaku, ingin dapat tampil bermain musik bersama ayahnya. Menurutnya, Tonny merupakan seorang musisi besar dan ia belum dapat disamakan dengan ayahnya. Karena ia perlu waktu untuk menjadi seperti Tonny.

Dalam grup Kidnap, Damon menjadi pemrakarsa bersama Anang Hermansyah sebagai upaya aktif kembali dalam belantika musik tanah air yang sempat vakum 23 tahun itu. Tahun 2019 Kidnap juga akan melepas single kedua mereka.

Di sela-sela aktivitas yang padat tersebut ia juga  membidani Koes Second Gend. Damon juga melahirkan single Sepi dan masuk nominasi AMI Award 2018-sebuah pencapaian musikal yang sangat memuaskan. Melalui laman di Facebook Damon mengundurkan diri dari Kidnap Katrina pada 2019 secara baik-baik.

Reporter: Azizah Putri Octavina

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here