Garfield Si Kucing Orange yang Mendunia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA– Minggu 19 Juni 2022, tepat dimana komik Garfield terbit dan karakter kucing gemuk mendunia. Namun, siapakah pencipta karakter kucing tersebut?

Dialah James Robert Davis atau Jim Davis seorang komikus yang sudah malang melintang membuat komik strip. Pada awalnya, ia tidak tertarik dengan dunia menggambar ini. Namun karena desakan sang ibu dan ia juga menderita asma akut, mau tidak mau hal itu menjadi rutinitas.

Jim bisa berjam-jam menghabiskan waktu membuat berbagai macam gambar. Dari sana, ketertarikannya untuk menjadi komikus muncul. Ketika beranjak dewasa, ia membikin banyak komik strip, salah satunya Garfield.

Garfield ialah sebuah komik strip oleh Jim Davis yang menceritakan Garfield sebagai tokoh utama. Ia merupakan seekor kucing peliharaan Jon Arbuckle.

Tokoh lainnya ialah Odie, seekor anjing yang kurang cerdas. Pada 2006, komik strip itu lisensikan kepada sekitar 2.570 surat kabar dan majalah serta memegang rekor pada Guinness World Record sebagai komik strip yang paling luas tersebar di seluruh dunia.

Nama Garfield berasal dari nama kakek Jim, James Garfield Davis, yang dahulu namanya berasal dari nama Presiden Amerika Serikat James Garfield. Komik Garfield pertama kali terbit pada 19 Juni 1978. Dan ini menjadi hari ulang tahun Garfield.

Sosok Garfield dahulu sangat berbeda dengan yang sekarang. Pegambaran Garfield di masa awalnya sangat gemuk dan memiliki mata sipit. Mulai 1983, sosok yang sekarang baru mulai muncul.

Cerita-cerita Garfield sangatlah beragam. Mulai dari masalah kucing sampai masalah manusia seperti diet dan kebenciannya terhadap hari Senin. Selain itu, kucing yang sangat menggilai kopi ini juga sering membodohi Odie serta menggoda Jon tentang kesialannya dalam menjalin hubungan cinta.

Pada 2004, keluar film Garfield: The Movie dengan Garfield yang dihasilkan animasi komputer. Film ini rilis pada 11 Juni 2004.

Mengenai pembuat Garfield, menurut Moira Davison Reynolds dalam Comic Strip Artist in American Newspaper, 1945-1980 (2003) adalah Jim Davis. Ia lahir pada 28 Juli 1945 di Marion, Indiana, AS.

Ia tinggal di sebuah peternakan sapi jenis Black Angus yang pengelolaanya oleh kedua orang tuanya, James William Davis dan Anna Catherine Davis. Ia juga tumbuh bersama saudara laki-laki dan 25 ekor kucing peliharaan.

Setelah lulus dari Ball State University 1967, Jim bekerja di agensi periklanan lokal selama dua tahun. Menurut situs Garfield.com, ia kemudian menjadi asisten kartunis Tom Ryan, pembuat komik Tumbleweeds sejak 1969 sampai 1978. Dari Tom Ryan, Jim belajar kemampuan dan kedisiplinan. Ini adalah dua hal jika ingin menjadi komikus.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini