Gareth Bale Pemain Termahal yang Kini Disia-siakan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTAGareth Bale adalah sosok pemain sepak bola yang fenomenal. Hanya dalam jangka waktu tujuh tahun saja, pemuda Wales ini tampil sebagai pemain termahal di dunia, setelah diboyong Real Madrid seharga 85 juta pounds atau setara dengan Rp 1,4 Triliun.

Namun, perjuangan karirnya hingga menjadi pemain termahal terbilang tidak mudah. Dirinya banyak melewati masa sulit hingga menuju puncak karirnya saat ini.

Gareth Bale lahir di Cardiff, pada 16 Juli 1989 dengan nama Gareth Frank Bale. Ia mempunyai ayah bernama Frank yang berprofesi sebagai penjaga sekolah dan ibu bernama Debbie yang bekerja sebagai manajer opersional.

Gareth Bale kecil, dulunya merupakan seorang seorang kapten rugby Wales Sam Warburton di Whitchurch High School di Cardiff. Tempat itu merupakan sebuah sekolah yang terkenal karena keunggulan olahraganya.

Bakat seorang Bale di sepakbola diketahui saat dirinya menginjak usia sembilan tahun. Saat itu ia merupakan pemain tercepat dengan catatan lari 11,4 detik dalam 100 meter saat usianya 14 tahun.

Bale dikenal memiliki kecepatan dan dribbling yang luar biasa. Ia biasa beroperasi di posisi sayap atau gelandang serang. Keponakan mantan pesepakbola Cardiff City, Chris Pike, ini bergabung dengan klub pertamanya, Cardiff Civil Service Football Club. Saat usia sembilan tahun, ia sudah dilirik oleh pemandu bakat Southampton ketika bermain di turnamen six-a-side.

Setelah setahun berada di Norwich, Bale membuat debut tim utama Southampton-nya pada usia 16 tahun, 275 hari. Ia menjadi pemain termuda kedua yang pernah bermain untuk Southampton, 132 hari lebih muda dari Walcott.

Bale membuat satu penampilan lagi sebelum akhir musim 2005/2006 dan mencetak gol liga pertamanya melalui tendangan bebas dalam Derby pada Agustus 2006. Bale akhirnya membuat 45 penampilan untuk Southampton, mencetak lima gol, sebelum dibeli dengan 7 juta pounds untuk pindah ke Tottenham Hotspur pada Mei 2007.

Menyusul awal yang sulit bersama Spurs, dengan kegagalan tim meraih kemenangan dalam 24 penampilan pertamanya, Bale diwacanakan untuk pindah ke Birmingham atau Nottingham Forest, namun saat itu Bale justru mulai berkembang.

Ia dinobatkan sebagai Pemain Terbaik PFA tahun 2011 dan 2013, lalu Pemain Terbaik tahun 2013. Bale mencetak 26 gol di musim 2012/2013 dan mendapat rekor dunia dengan nilai transfer 84,3 juta pounds ke Real Madrid pada September 2013.

Selama di Madrid dia telah mencetak lebih dari 100 gol, memenangkan empat gelar Liga Champions dan tiga Piala Dunia FIFA, serta mengambil medali pemenang LaLiga dan Copa del Rey. Bale menjadi pencetak gol terbanyak bagi Wales pada 2018 dan membantu negaranya mencapai semi final Euro 2016.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Upaya BIN Tanamkan Nasionalisme Generasi Muda

Badan Intelijen Negara Republik Indonesia (BIN RI) terus berupaya untuk menanamkan semangat dan rasa nasionalisme kepada para generasi muda...
- Advertisement -

Baca berita yang ini