Sydney Pollack (Foto: Mubi)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Para pecinta film Hollywood pasti tahu sosok sutradara kenamaan satu ini. Dialah Sydney Pollack, sutradara di balik deretan judul film yang meraih sukses besar di industri Hollywood.

Sydney Pollack telah meninggal dunia di usianya yang ke-73 tahun akibat kanker pada 26 Mei 2008 silam. Meski telah tiada, karya-karya mendiang Sydney masih terus dikenang bahkan tak kehilangan penggemar hingga sekarang.

Sejumlah film besar buah karya Sydney pernah sangat berjaya di masanya. Tengok saja film Tootsie dan drama seri Out of Africa yang meraih penghargaan Oscar.

Sepanjang hidupnya, Sydney dikenal sangat produktif dalam berkarya. Setidaknya ada lebih dari 20 film dan 10 drama televisi hasil garapannya. Tak hanya itu, ia juga terlibat sebagai aktor dalam lebih dari 30 film dan memproduseri lebih dari 44 film.

Sydney Pollack dikenal sebagai sutradara, produser sekaligus aktor legendaris Hollywood. Kariernya di industri hiburan Amerik pun terhitung cukup panjang. Ia pun menjadi salah satu sosok yang disegani di Hollywood.

Aktingnya sebagai Marty Bach dalam Michael Clayton, dimana dia beradu akting dengan aktor George Clooney menorehkan kenangan mendalam bagi para pecinta Hollywood. Kiprah Sydney di film tersebut begitu diakui. Film Michael Clayton pun sampai meraih 7 nominasi Oscar, termasuk kategori aktor terbaik untuk George Clooney.

Penampilan terakhir Sydney sebelum meninggal dalam film Made of Honor juga sukses mencuri perhatian. Berperan sebagai ayah Patrick Dempsey, Sydney mampu menunjukkan akting mumpuninya di film komedi romantis itu.

Di tahun-tahun terakhir hidupnya, Sydney Pollack menyutradarai banyak film independen bersama dengan Anthony Minghella dan perusahaan produksi Mirage Enterprises.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here