Fakta Tak Terduga dari Karamnya Kapal Titanic, 108 Tahun Silam

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Hari menjadi peringatan atas 108 tahun tenggelamnya kapal pesiar nan mewah, Titanic. Kala itu, pada 15 April 1912, kapal ini besar ini tengah bertolak dari Inggris menuju New York, Amerika Serikat. Setidaknya ada 1.514 orang yang meninggal saat itu. Hanya 710 dari 2.227 penumpang dan kru kapal yang selamat.

Tragedi ini pun dianggap sebagai kecelakaan dalam pelayaran sipil yang paling mematikan sepanjang sejarah. Tapi sebenarnya, masih ada kepingan fakta sejarah tentang Titanic yang jarang diketahui banyak orang. Berikut ulasannya.

Pernah “diramalkan” dalam sebuah novel

Tahukah kamu jika tenggelamnya Titanic ternyata pernah ditulis dalam sebuah Novel? Ya, 14 tahun sebelum kejadian karamnya Titanic, seorang novelis bernama Morgan Robertson telah menerbitkan novel berjudul The Wreck of the Titan: Or Futility.

Novel he Wreck of the Titan: Or Futility (liverpoolmuseums.org)

Seperti dilansir dalam laman berita businessinsider.com, novel yang diterbitkan pada 1898 ini secara mengejutkan “meramalkan” kejadian Titanic dengan sangat mirip. Novel ini mengisahkan tentang tenggelamnya kapal pesiar Titan di Atlantik Utara akibat menabrak gunung es. Suatu kebetulan, kah?

2. Bulan purnama ‘Berjasa’dalam tragedi karamnya Titanic

Seperti ditulis dalam laman nasa.gov, terdapat penelitian bahwa karamnya Titanic merupakan efek dari bulan purnama penuh yang terjadi saat itu. Seperti yang kita tahu bahwa kapal tersebut menabrak gunung es sehingga menyebabkan badan kapal mengalami kerusakan parah.

Pada awal 1912 kondisi bulan sejajar dengan matahari, dimana ini mengakibatkan sebuah tarikan medan gravitasi yang sangat kuat, terutama di lautan lepas. Gelombang besar akan terjadi di laut, dan bongkahan-bongkahan es raksasa juga akan bergerak secara liar. Ini sebabnya teknologi Titanic tidak cukup bisa diandalkan untuk memberikan peringatan dini kepada kru kapal.

3. Kru kapal terkesan meremehkan ganasnya alam

Kecelakaan kapal pesiar Titanic tidak berdiri sendiri, ada kelalaian dalam tindakan yang diambil oleh para kru kapal, termasuk sang kapten yang bernama Edward Smith. Seperti diberitakan bbc.co.uk, kapten Smith tidak mengindahkan peringatan gunung es, dan bahkan tidak memperlambat laju kapalnya.

Di samping itu, dewan pelayaran Inggris kala itu juga mengizinkan Titanic berlayar tanpa akomodasi sekoci yang memadai. Jika saja Titanic tidak mengalami bencana, mungkin hal ini tidak akan pernah diketahui oleh publik.

4. Kunci yang Diklaim Bisa Selamatkan Titanic

Pada tahun 2007, ada sebuah kunci yang disiapkan dalam acara pelelangan. Penampakannya biasa saja, tak terlihat ada yang khusus. Namun, kunci ini diklaim sebagai benda yang sebenarnya bisa menyelamatkan Titanic dari kecelakaan. Itu adalah kunci dari sebuah loker yang menyimpan teropong, alat yang berpotensi menyelamatkan Titanic.

Kunci loker Kapal Titanic (istimewa)

Teropong sangat penting dalam mendeteksi ancaman bagi pelaut pada hari itu. Petugas pemegang kunci, David Blair, telah dihapus dari daftar kru sebelum Titanic berlayar. Sehingga tak jelas siapa sebenarnya yang bertugas memegang kunci itu. Apabila loker itu lebih cepat dibuka dan teropong digunakan, maka kemungkinan kecelakaan lebih kecil.

5. Biola dan Kisah Cinta

Wallace Hartley memimpin orkestra yang terdiri dari 8 musisi. Wallace adalah pimpinan band di atas kapal RMS Mauretania, yang bersandar di Liverpool pada 8 April 1912.

Grup musik klasik yang dulu bermain di kapal Titanic (telegraph.co.uk)

Mereka tak beranjak, tetap memainkan musik-musik penyemangat bagi para penumpang Titanic yang panik di antara hidup dan mati, sesaat setelah kapal itu menabrak gunung es.

Nearer, My God, To Thee konon jadi lagu terakhir mereka, sebelum kapal termewah dan terbesar pada zamannya karam di lautan beku di Atlantik.

Ketika jasad Wallace diangkat dari laut 10 hari kemudian, tas biolanya masih menempel di tubuhnya. Benda itu yang membuatnya bisa tetap mengambang.

6. Jam Saku Jadi Saksi Waktu Kejadian

Ada sekitar 13 pasangan yang sedang berbulan madu saat Titanic berlayar. Salah satunya adalah John Chapman yang berusia 37 tahun dan pengantin barunya, Lizzie (29). Keduanya sedang dalam perjalanan menuju kehidupan baru di Amerika Serikat setelah menikah.

Setelah kapal menabrak es dan banyak orang dievakuasi, Lizzie ditempatkan di dalam sebuah sekoci. Namun, ia tak mau naik sekoci lantaran sang suami tak diperbolehkan masuk.

Jam saku milik seorang pelayan di kapal, bernama Edmund Stone. Istimewa/Catawiki.com

Padahal, John Chapman sudah berusaha memaksa sang istri untuk tetap berada dalam sekoci. Namun, Lizzie menolak. “Aku juga tidak akan pergi,” ujar Lizzie.

Lizzie akhirnya keluar dari dalam sekoci dan keduanya tenggelam beberapa saat kemudian setelah tabrakan kapal. Jam saku milik Chapman berhenti tepat pada saat mereka jatuh ke Atlantik yang dingin.

Tepat pukul 01.45 pagi pada 15 April 1912. Jam tangan itu ditemukan bersama dengan tubuh Chapman, tetapi sayangnya, tubuh Lizzie tidak pernah ditemukan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini