penggunaan komputer ENIAC
penggunaan komputer ENIAC

MATA INDONESIA, JAKARTA-Komputer memang telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Di era digital, khususnya, memiliki sebuah computer atau PC adalah sebuah keharusan bagi setiap orang.

Hampir seluruh aspek kehidupan manusia di zaman sekarang ini telah terkontaminasi dengan teknologi yang pasti erat hubungannya dengan komputer dan berbagai perangkat yang menyertainya.

Namun, tahukah Anda bahwa komputer pertama yang pernah diciptakan berukuran sangat besar dan memakan banyak tempat hingga memenuhi satu rumah karena sangat besar ukurannya.

Komputer pertama di dunia bernama ENIAC atau Electronic Numerical Integrator and Computer. Komputer ini diluncurkan di dunia pada tanggal 14 Februari 1946 di Amerika.

ENIAC dikembangkan dan dibangun oleh Angkatan Darat AS untuk Laboratorium Penelitian Persenjataan mereka dengan tujuan untuk menghitung tabel tembakan senjata.

Ide tentang ENIAC dipikirkan dan didesain oleh J. Presper Eckert dan John William Mauchly dari Universitas Pennysylvania. Komputer tersebut mulai dibangun pada 17 Mei 1943 sebagai Proyek PX dan dioperasikan secara resmi sejak Februari 1946 setelah menelan biaya sebesar $500.000.

Namun demikian, teknologi yang mendasari penciptaan komputer pertama ini sebenarnya mulai tercetus sudah sejak tahun 1801. Waktu itu ekonomi dunia masih digerakkan oleh perdagangan dan bisnis tekstil.

Nah, di masa itulah teknologi tenun Jacquard pertama kali muncul. Teknologi Jacquard ini menggunakan kartu punch untuk menghasilkan pola tenun otomatis. Kartu punch yang digunakan pada Jacquard serupa dengan digunakan di ENIAC.

Ukuran ENIAC pun tidaklah kecil. Beratnya mencapai 30 ton dan tinggi 9 hingga 18 meter serta menggunakan 19.000 tabung vakum.

ENIAC pada masa itu selain digunakan untuk keperluan balistik, ENIAC juga dipergunakan untuk ramalan cuaca, kalkulasi energi atom, studi sinar kosmis, studi bilangan acak, perancangan terowongan angin dan keperluan studi ilmiah lainnya.

ENIAC dapat melakukan operasi penambahan dalam 200 milidetik, perkalian dalam 3 milidetik, dan pembagian dalam 30 milidetik. Walaupun masih dalam bentuk yang sangat sederhana atau bahkan primitif oleh karena ukurannya yang luar biasa besar, namun ENIAC telah tercatat dalam sejarah dunia sebagai Komputer Elektronik Digital Pertama yang ada di dunia.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here