El Chapo Gembong Narkoba Meksiko

Baca Juga

MATAINDONESIA, JAKARTA – Proses pengadilan terhadap gembong mafia Joaquín “El Chapo” Guzmán digelar di New York dengan pengawalan yang sangat ketat. Guzmán ditangkap pada Januari 2016 setelah meloloskan diri melalui terowongan, lima bulan sebelumnya.

Pria berkebangsaan Meksiko itu dituding sebagai tokoh utama di balik kartel narkotika Sinaloa, yang disebut jaksa penuntut umum merupakan penyuplai obat-obatan terlarang terbesar ke Amerika Serikat.

Beberapa tokoh kunci, termasuk mantan tangan kanan El Chapo, akan menjadi saksi yang melawannya di pengadilan.

Siapa El Chapo?

Joaquín Guzmán Loera lahir tahun 1957 dari keluarga petani. Guzman terjun pertama kali ke bisnis obat-obatan terlarang ketika ia bekerja di perkebunan mariyuana dan opium.

Dia magang di bawah pengawasan Miguel Angel Félix Gallardo yang merupakan pemimpin kartel Guadalajara. Miguel sangat berkuasa dan memiliki julukan The Godfather.

El Chapo atau yang maksudnya pendek, mengepalai kartel Sinaloa yang menguasai wilayah barat daya Meksiko, pada akhir 1980an. Lambat laun, Sinaloa berkembang menjadi kartel narkoba terbesar yang menyelundupkan obat-obatan terlarang ke AS.

Tahun 2009, El Chapo masuk dalam daftar orang terkaya versi Forbes. Dia berada di peringkat 701 dengan estimasi jumlah kekayaan senilai 1 miliar USD.

Guzmán sukses lepas dari upaya pembunuhan yang dilakukan kartel saingannya tahun 1993. Namun tidak seberuntung itu, Guzman berhasil ditangkap dan dihukum penjara selama 20 tahun.

Pada Januari 2016 Guzman kembali tertangkap dan diekstradisi ke AS setelah sempat kabur. Selain El Chapo, Guzmán juga dikenal dengan beberapa nama alias lain seperti El Rapido, Shorty, El Senor, El Jefe, Nana, Apa, Papa dan Inge.

Apa itu Kartel Sinaloa?

Kartel Sinaloa awalnya hanya menguasai daerah barat daya Meksiko, namun berhasil menjadi kartel terbesar setelah membabat rival-rival di negaranya, sehingga bisa dengan leluasa menyelundupkan narkoba ke AS.

Dakwaan Guzmán mengatakan kartel itu akhirnya menjadi organisasi perdagangan narkoba terbesar di dunia, dan laporan kepada Kongres AS pada Juli 2018 mengatakan mereka memiliki pendapatan hingga 3 miliar USD per tahun pada 2012.

Disebut pula bahwa kartel tersebut punya bisnis setidaknya  di 50 negara. Tahun 2017, badan pemberantasan narkoba AS (DEA) mengatakan kartel Sinaloa “mengekspor dan mendistribusikan metamfetamin, mariyuana, kokain, dan heroin” ke AS melalui jalur distribusi di Phoenix, Los Angeles, Denver serta Chicago.

Apa dakwaan terhadap El Chapo?

Guzmán didakwa dengan dugaan telah membantu ekspor ratusan ton kokain ke AS, yang membuatnya menghadapi 17 tuntutan di pengadilan. Dalam dakwaan itu, terdapat daftar yang menyebutkan bahwa Guzmán dan para mitranya mengirimkan kokain ke AS sebanyak 84 kali, pada 18 Maret 2017. Salah satunya, pengiriman narkoba sebanyak 19 ribu kilogram.

Selain itu, Guzman juga didakwa atas konspirasinya yang memproduksi dan mendistibusikan heroin, metamfetamin, dan mariyuana, serta memerintahkan pembunuhan.

Dalam dakwaan disebut, El Chapo menyewa pembunuh bayaran untuk melakukan ratusan pembunuhan, penyerangan, penculikan, serta penyiksaan pada kartel saingannya.

Bagaimana El Chapo ditangkap?

“Misi berhasil,” cuit Presiden Meksiko Enrique Peña Nieto pada 8 Januari 2016. “Kami berhasil menangkapnya.”

Setelah dua tahun menjadi buron, El Chapo akhirnya terendus keberadaannya. Ia berada di sebuah rumah di Los Mochis, sebuah kota di pesisir Meksiko. Guzman baru saja pindah ke rumah itu, setelah berbulan-bulan bersembunyi di luar negeri.

Aksi penggerebekan yang dilakukan pasukan marinir Meksiko ini menewaskan lima pengawal Guzmán. Sempat kabur, tapi kemudian Guzman tertangkap saat hendak meninggalkan kota.

Bagaimana cara dia kabur dari penjara?

Sempat berhasil kabur dua kali dari penjara, membuat persidangan Guzman dilakukan dengan pengawalan ketat.

Tahun 2001, El Chapo berhasil kabur dari penjara Puente Grande yang memiliki keamanan maksimum. Guzman bersembunyi di keranjang cucian dan menyuap sipir penjara. Hal ini membuat dia menjadi buronan selama 13 tahun, sebelum kembali tertangkap pada Februari 2014.

Kali kedua, El Chapo berhasil kabur melalui terowongan sepanjang 1,5 kilometer yang terhubung langsung ke wastafel di kamar selnya, pada Juli 2015. Ia merayap keluar di lorong sempit tersebut. Kabarnya hal ini hanya bisa terjadi dengan bantuan pemandu satelit yang canggih. Hebatnya lagi, terowongan itu dilengkapi ventilasi, lampu dan tangga. Sementara pintu keluarnya tersembunyi di balik konstruksi bangunan.

Televisi di Meksiko kemudian menayangkan cuplikan yang menunjukkan sipir penjara tidak berbuat apapun saat terdengar suara hantaman keras dari dalam sel El Chapo.

Apa yang akan terjadi di pengadilan?

Dakwaan yang ditimpakan pada El Chapo merupakan hasil konsolidasi dari enam wilayah yuridiksi hukum di AS, termasuk New York, Chicago dan Miami.

Jaksa penuntut umum telah mengumpulkan bukti-bukti yang memberatkan El Chapo selama lebih dari 10 tahun, termasuk bukti dari Meksiko dan Kolombia. Mereka juga akan menghadirkan saksi-saksi dari pihak kepolisian AS dan Meksiko, selain itu juga dihadirkan pakar balistik dan narkotika, serta saksi kunci yang merupakan mantan tangan kanan Guzmán.

Jesus Vincente Zambada-Niebla menyatakan dalam perjanjiaan pembelaan sebagai anggota tingkat tinggi kartel, bahwa dia menyelundupkan ribuan kilogram kokain dan heroin ke AS, menggunakan kapal cepat, kapal selam, dan pesawat sewaan. Dia juga mengakui bahwa kartel Sinaloa memiliki persenjataan kelas militer dan kerap menggunakan kekerasan untuk memperlancar urusan bisnisnya.

Di sisi lain, Guzmán akan dibela tim pengacara kelas kakap. Salah satunya adalah Jeffrey Lichtman, yang pernah membebaskan bos mafia John Gotti Jr. dari ancaman penjara pada 2005.

Lichtman mengatakan pada BBC dia akan mengungkapkan pada juri bahwa para saksi yang dihadirkan “tidak valid”. Dia juga akan berargumentasi bahwa Guzmán bukanlah pemimpin Kartel Sinaloa Cartel. Meskipun demikian, dia menyebut tim pengacara pembela kesulitan melakukan persiapan karena banyaknya bukti yang akan dihadirkan di persidangan.

Jaksa menyebut mereka memiliki ratusan lembar dokumen, rekaman audio komunikasi Guzmán saat mendiskusikan transaksi narkoba dan rekaman video dari kamera pengawas yang memperlihatkan transaksi penyelundupan oleh Guzmán dan mitranya.

Bagaimana pengamanan selama persidangan?

El Chapo kini ditahan dalam ruang isolasi di Pusat Permasyarakatan Metropolitan, Manhattan, penjara dengan pengamanan terketat di New York.

Namun persidangannya akan digelar di Brooklyn. Setiap kali El Chapo dipindahkan dari penjara ke gedung pengadilan, Jembatan Brooklyn akan ditutup.

Selain itu, pemerintah AS menyediakan pengawalan berlapis yang terdiri dari konvoi kendaraan, termasuk kendaraan lapis baja. Ada juga pasukan taktis yang bertugas mendampingi El Chapo ketika memasuki gedung pengadilan melalui ruang bawah tanah.

US Marshalls bahkan disebut memiliki solusi rahasia agar suasana dan lalu lintas tetap kondusif di Brooklyn selama masa persidangan, yakni dengan menempatkan El Chappo di lokasi tersembunyi atau di ruang khusus pada gedung pengadilan.

Pengamanan di gedung pengadilan pun diperketat dengan tambahan jumlah polisi yang berjaga, serta tim anjing pelacak. Ada juga rencana perlindungan khusus untuk para saksi dan tim juri.

Hingga kini, nama-nama saksi belum diumumkan dan mereka sudah dimasukkan dalam program perlindungan saksi. Juri juga tetap disembunyikan identitasnya. Bahkan, alamat serta lokasi mereka bekerja tidak akan diserahkan baik ke pihak terdakwa, pengacara, maupun media. Sepanjang persidangan, juri akan didampingi oleh pengawal bersenjata dari US Marshalls.

Pengacara Guzman menyebut tindakan pengamanan ekstra akan berimbas pada impresi yang berat sebelah bahwa El Chapo adalah sosok yang berbahaya dan bisa mempengaruhi penilaian juri.

Namun, Hakim Brian Cogan mengatakan jaksa memberikan alasan kredibel mengapa pengamanan tersebut diperlukan, termasuk sejarah dugaan kekerasan yang dilakukan El Chapo, termasuk pembunuhan, penculikan ataupun penyiksaan bagi mereka yang membantu penegak hukum.

Reporter : Mega Suharti Rahayu

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini