(Foto: Facebook)

MINEWS, JAKARTA – Kisah pemuda satu ini bisa jadi inspirasi nih buat anak-anak muda di luar sana agar tak mudah menyerah dalam hidup.

Adalah Muhammad Afiq Ismail, pemuda asal Kelantan, Malaysia yang belakangan namanya sedang viral. Afiq mendadak jadi sorotan lantaran kisah kesuksesannya yang tak biasa.

Dulu ia sempat dikeluarkan dari SMA karena nilainya jelek. Namun siapa sangka, kini ia menjadi lulusan terbaik di sebuah universitas bergengsi di Inggris gaes.

Kisah hidup Afiq pertama kali diunggah oleh akun Facebook Human of Kuala Lumpur hingga viral.

Afiq sempat dikeluarkan dari SMA karena memperoleh nilai jauh di bawah standar yang ditetapkan sekolahnya. Alhasil ia terpaksa drop out. Usai dikeluarkan, ia sempat terlunta-lunta lantaran tak ada sekolah lain di daerahnya yang mau menerima kembali.

Namun Afiq tak menyerah. Dibantu orangtuanya, Afiq mencari sekolah baru. Sang ibu sampai mendatangi Jabatan Pendidikan Negeri (JPA) semacam Dinas Pendidikan di Indonesia untuk meminta bantuan.

Afiq pun mendapatkan sekolah baru, namun masalah baru kembali dihadapinya. Di tempat baru, ia dikucilkan dan dipandang rendah oleh teman-temannya.

Namun hal itu justru jadi motivasi baginya untuk berprestasi. Ia giat belajar hingga akhirnya ditawari beasiswa dari JPA untuk melanjutkan kuliah di Inggris. Ia pun menjadi orang pertama dari kampungnya yang sekolah di University of Essex.

Selama kuliah di luar negeri, perjuangan Afiq juga tak mudah lho. Namun itu semua menempanya menjadi sosok yang makin tangguh.

Sembari kuliah, Aqiq juga bekerja part time sebagai cleaning service. Uang hasil jerih payahnya, ia tabung demi membelikan tiket pesawat kedua orangtuanya agar bisa menghadiri wisuda.

Perjuangan dan pengorbanan Afiq berbuah manis. Ia lulus dari University of Essex dengan gelar First Class Honors gaes. Itu merupakan gelar untuk penerima nilai tertinggi.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here