Ditakdirkan Berkuasa, Ini 5 Presiden dengan Masa Jabatan Terlama Sedunia

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA - Jika ditanya berapa lama masa jabatan presiden dalam memimpin negara, mungkin kamu sudah tahu jawabannya, yakni normalnya 4 sampai 5 tahun.

Tapi, tahukah kamu, bahwa sebenarnya ada sejumlah presiden di dunia yang enggan melepaskan kedudukannya dan memimpin negara selama puluhan tahun? Mereka tak lengser dari posisinya, seolah sudah ditakdirkan untuk lama berkuasa.

Berikut 5 presiden dengan masa jabatan terlama yang pernah dicatat dunia:

1. Robert Mugabe (Zimbabwe)

Robert Mugabe

Pertama ada presiden Zimbabwe, Robert Mugabe. Lahir pada 21 september 1924, pria ini merupakan salah salah satu presiden yang menduduki jabatan terlama, yakni 27 tahun.

Bahkan, di usianya yang sudah sepuh pun, Mugabe nampaknya enggan memberikan kekuasaannya kepada orang lain. Sang istri pun, Grace Mugabe berkata, jika suaminya akan tetap menjabat hingga usianya 100 tahun. Mugabe menghembuskan nafas terakhirnya di usia ke-95 tahun.

2. Fidel Castro (Kuba)

Fidel Castro

Fidel Alejandro Castro Ruz lahir pada 13 Agustus 1926 yang memimpin Kuba dengan masa jabatan terlama, yakni 49 tahun. Castro pertama kali menjabat sebagai presiden pada tahun 1976 diusianya yang ke-50 tahun.

Diketahui, Castro dulunya adalah seorang perdana menteri pada 1959 sebelum akhirnya menjadi presiden hingga tahun 2008.

3. Soeharto (Indonesia)

Soeharto

Tak afdol sepertinya jika membahas masa jabatan terlama presiden tapi tak memasukan nama Soeharto ke dalam daftar. Jendral Besar TNI (Purn) Soeharto merupakan Presiden Republik Indonesia ke-2 setelah Ir. Soekarno. Ia menjabat selama hampir 32 tahun, sejak 1967-1998.

4. Omar Bongo (Gabon)

Omar Bongo

Presiden negara Gabon, Omar Bongo, lahir pada 30 Desember 1935. Ia diketahui menjabat sebagai presiden Gabon selama 42 tahun, dari 1967 hingga pada kematiannya ditahun 2009.

Ia tercatat sebagai penguasa Afrika terlama dan memasuki urutan ke-7 penguasa terlama di dunia.

5. Muammar Khadafi (Libya)

Muammar Khadafi

Sama halnya seperti Bongo, Muammar Khadafi memimpin Libya selama 42 tahun. kedudukan itu ia peroleh pada 1969 samapi 2011, setelah ia berhasil merebut kekuasaan dalam kudeta militer. Kekuasaan selama 40 tahun lebih itu mengantarkannya menjadi penguasa terlama sebagai pemimpin non-kerajaan keempat. Khadafi pernah menyebut dirinya sebagai ‘King of Kings’ (raja dari segala raja). (Annastasya Rizqa/RyV)

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini