Deretan Kehebatan Den Bravo 90, Pasukan Siluman Milik TNI AU

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kalau bicara soal nama pasukan khusus milik TNI AU pasti kebanyakan orang lebih ingat tentang Paskhas. Mereka memang pasukan elit yang punya kemampuan yang luar biasa, tapi masih ada satu lagi satuan yang merupakan pasukan ‘siluman’dari Paskhas namanya Detasemen Bravo 90 atau yang disingkat Satbravo-90.

Dibentuk dari Anggota Paskhas lewat Seleksi Ketat
Pasukan ini adalah hasil seleksi dari Paskhas yang kemudian masih disaring lagi dengan sangat-sangat ketat. Mereka kemudian akan melakukan serangkaian tes gila yang nantinya akan mendapatkan poin kemudian diakumulasikan.

Pasukan Den Bravo 90 (okezone)

Nah, dari sini kemudian peringkat-peringkat terbaik akan diambil sebagai anggota Satbravo.

Menguasai 3 Matra
Rata-rata kemampuan terbaik para anggota Satbravo adalah soal misi-misi udara. Beberapa kualifikasi mereka adalah melakukan penghancuran pangkalan udara musuh, menyelamatkan sandera dari dalam pesawat, terjun dengan semua ragam tekniknya, serta masih banyak lagi yang lain.

Pasukan Den Bravo 90 yang menguasai matra udara, laut dan darat (istimewa)

Meskipun mereka AU, tapi Satbravo sangat menguasai matra darat dan laut. Untuk itu mereka juga berbekal kemampuan menyelam yang tak kalah gila dari Pasukan Katak, dan bisa menyerbu darat dengan berbagai macam tekniknya ala Satgultor atau Raider. Satbravo sendiri adalah pasukan yang bisa ditempatkan di mana saja sesuai kebutuhan.

Latihannya Berbahaya dan Mematikan
Latihan pasukan elit ini bisa dibilang berbahaya dan mematikan. Salah satunya adalah penggunaan peluru-peluru asli dalam setiap latihan. Dalam training, mereka juga dikondisikan seperti benar-benar perang sungguhan.

Latihan Pasukan Den Bravo-90 (intisari)

Hal yang paling mentereng dari latihan Satbravo ini adalah training menembak mereka. Ya, diketahui kalau satuan ini dijatah peluru paling banyak dibanding pasukan elit lainnya, termasuk Denjaka. Hal ini dimaksudkan agar para anggota Satbravo benar-benar punya kemampuan menembak mematikan.

Selain terus mengasah kemampuan dengan berlatih secara internal maupun dengan satuan lain di TNI atau latihan gabungan ketiga pasukan khusus TNI, Bravo juga menggelar latihan dengan satuan khusus asing. Misalnya para personel Sat Bravo 90 secara rutin diikutkan dalam program latihan bersama dengan US Pasific Command dan pasukan khusus SAS Australia.

Alutsistanya Terbaik
Pasukan ini termasuk yang paling beruntung dari satuan elit lainnya. Pasalnya, mereka diberi alutsista terbaru dan paling canggih, mulai dari ujung kepala sampai kaki. Soal senjata pun begitu, mereka diberikan hak untuk memakai deretan senapan-senapan terbaru dan paling mematikan.

Pasukan Den Bravo-90 yang memiliki alutsista tercanggih di kalangan pasukan khusus milik TNI (istimewa)

Hak spesial lainnya dari Satbravo adalah bisa menggunakan semua pesawat milik TNI AU untuk misi mereka. Mulai dari pesawat pengangkut sampai jet-jet tercanggih TNI. Tak pelak, dengan semua alutsista ini Satbravo jadi pasukan yang sungguh mematikan.

Terbagi atas Beberapa Tim Khusus
Sat Bravo juga memiliki tiga tim operasional yaitu tiga Tim Alfa 1, 2, 3. Tim Alfa 1 berkualifikasi Intelijen, Alfa 2 khusus Perang Hutan/Kota, dan Tim Alfa 3 Counter Terrorist. Ketiga tim dibantu Tim Banik (Bantuan Teknik). Tugasnya seputar kesiapan kendaraan serta pemeliharaan persenjataan dan peralatan.

Pasukan DEn Bravo 90 (istimewa)

Selain itu Bravo juga mengenal Tim Sus (Khusus). tim ini merupakan gabungan orang-orang dengan kualifikasi di luar matra udara. Mencakup UDT (Underwater Demolition Team), EOD (Explosive Ordnance Disposal) dan pasukan katak. Di sini juga bercokol tim pelatih. Mereka bertanggung jawab dalam membina dan melatih personel yang masuk Bravo 90.

Sudah Terlibat dalam Berbagai Misi
Pasukan ini dibentuk pada tahun 1990. Selang dua tahun kemudian, mereka langsung diterjunkan ke lapangan. Misalnya dalam operasi pengamanan KTT di Jakarta pada tahun 1992.

Pasukan Den Bravo 90 milik TNI AU yang sudah malang melintang dengan beragam misi (istimewa)

Beberapa misi lain yang pernah dilakukan Satbravo antara lain pemulangan TKI Tiongkok, Misi Geser Tim-Tim, konflik Ambon, serta tergabung bersama Kopassus dan Taifib di misi Aceh. Dari sini kita juga bisa bilang kalau pengalaman Satbravo ini cukup mumpuni.

10 KOMENTAR

    • Bukan tidak bisa mas….kalau terkait politik negara…sebagai insan sapta marga sat bravo juga harus tunduk atas perintah panglima tni dan presiden…apabila negara memerintahkan, Insya Allah dalam kurang dari 1 hari mereka bisa tuntaskan mau itu kkb, terorisme ataupun gangguan terhadap kamtibmas…kembali lagi…semua pegerakan pasukan tergantung kepada politik negara…

  1. Indonesia punya pasukakan hebat hebat dari semua angkatan, kirim dong ke Papua sana kan banyak pemperontakan yang ingin memisahkan diri dari NKRI, tumpas dong pengacau negara jangan sok jagoan di kota melulu menjadi beking cina

      • Saya jelaskan y mas deni sunandar bukannya saya sok tau, tapi ini untuk meluruskan pemikiran masyarakat, KKB itu singkatan dari kelompok kriminal bersenjata yang statusnya hanya mengancam kemananan walaupun sebenarnya kalau menurut saya juga bisa lebih dari itu, tapi pemerintah tidak menaikan status di papua menjadi darurat militer, yang saat ini paling banyak bergerak adalah polisi, sementara TNI hanya back up, jadi tidak bisa pemerintah menurunkan alat utama sistem persenjataan yang lebih berat dan besar, karna itu bisa di kecam juga oleh PBB, coba lihat pas dulu GAM, itu statusnya darurat militer, TNI boleh menurunkan alat2 peraenjataan yang berat seperti halnya pesawat tempur ringan, buktinya GAM bisa selesai sampai saat ini walaupun memang banyak korban dari 2 belah pihak, tapi itulah resiko perang, mknya pemerintah masih melakukan cara2 persuasif dengan mengajak masyarakat2 papua khusunya OPM untuk kembali ke NKRI tanpa ada pertumpahan darah, kira2 seperti itu

        • ngomong apa lo bro, sejak kapan gam selesai? mereka sekarang diakomodasi jadi partai politik menjadi PA, PNA, dan partai politik lain, bukan di selesaiin dengan operasi militer .. kalo nggak ngerti baca, kalo nggak tau nanya.

  2. TNI bukan tdk mau dan mampu memberantas OPM/KKB tp teganjal HAM internasional. Kita tau siapa pengelola alam Papua? Disitulah becokol negara adidaya dan bisa mempermainkan situasi papua. Ada yg tau dr mn mrk punya senjata modern standar NATO? Ingat dulu era suharto papua dijadikan wilyah DOM dan akhirnya +62 di embargo USA

  3. Kalau basmi KKB bisa bisa saja tapi KKB dilindungi HAM, gmn coba
    Tentara tidak boleh bawa senjata, tapi KKB selalu menyerang Tentara, Mana HAM bagi tentata, jangan semena mena menjelekkan tentara.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Harga Daging Sapi di Bantul mulai Turun, Ini yang jadi Penyebabnya

Mata Indonesia, Bantul - Setelah Lebaran, harga daging sapi di Bantul mulai mengalami penurunan secara perlahan. Nur Wijaya, Lurah Pasar Niten, membenarkan hal tersebut dengan mengatakan bahwa pada 15-16 April 2024, harga daging sapi sudah stabil.
- Advertisement -

Baca berita yang ini