Dari Toutia Menuju Douyin hingga TikTok, Persembahan Cina untuk Dunia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Menjamurnya penggunaan aplikasi TikTok di berbagai belahan dunia, tak lepas dari kepiawaian seorang Zhang Yiming.

Pria lulusan software engineer dari Universitas Nankai ini awalnya mendirikan perusahaan teknologi ByteDance pada Maret 2012. Cikal bakal TikTok bermula di sini.

Di awal pendiriannya, ByteDance meluncurkan aplikasi berita yang bernama Toutiao. Aplikasi ini pun laris manis dan menjadi salah satu yang terbesar di Cina.

Yiming lantas melebarkan sayap ke aplikasi media sosial yang lebih interaktif. Pada September 2016, lahirlah aplikasi video pendek bernama Douyin.

Sama seperti Toutiao, aplikasi pun booming. Dalam waktu 1 tahun saja, Douyin memiliki 100 juta pengguna dan 1 miliar tayangan video setiap hari.

Akibat meroketnya popularitas di negeri asalnya, Douyin lantas menyasar luar negeri dengan mengenakan embel baru yaitu TikTok.

Untuk memperkuat daya jelajah TikTok di pasar internasional, Yiming lantas mengakuisisi aplikasi Musical.ly pada akhir 2017. Sebagai gambaran, aplikasi ini merupakan “raja” platform berbagi video pendek, terutama di pasar Amerika Serikat sebelum TikTok muncul.

Keputusan Yiming mengembangkan TikTok ternyata berbuah manis. Sepanjang tahun 2018, aplikasi tersebut merajai App Store dengan 500 juta kali unduhan lebih.

Sebagian besar pengguna TikTok awalnya diketahui berasal dari anak muda hingga kanak-kanak. Tapi saat ini sudah banyak digunakan oleh politisi, pejabat, artis hingga masyarakat luas.

Maka jangan kaget kalau Kesuksesan Tik Tok memberikan dampak positif bagi ByteDance, terutama Yiming. Dia otomatis jadi kaya raya.

Dilansir dari Forbes, Yiming punya kekayaan hingga 4 miliar dolar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp 57,4 triliun.

Bahkan pada tahun 2013, nama Yiming di deretan orang terkaya Cina di bawah usia 30 tahun versi Forbes. Kini di usianya yang sudah 34 tahun, Yiming menempati ranking 545 di daftar orang terkaya di dunia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini