Dari Garasi, Packard dan Hewlett Rintis Raksasa Komputer Saingi IBM

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – David Packard dan William Redington Hewlett yang sering dipanggil Bill Hewlett memulai bisnisnya dengan modal dan tempat terbatas. Tempat itu adalah sebuah garasi.

Modalnya hanya 538 dolar AS atau antara Rp 2 juta dan Rp 3 juta saja. Sedangkan garasi tersebut adalah bagian dari rumah Packard.

Langkah awal Hewlett-Packard adalah memproduksi berbagai produk elektronik, tetapi tidak ada fokus utamanya.

Berbagai produk yang dibuat adalah generator sinyal dan osiloskop, serta osilator yang digunakan Walt Disney Company saat menyiptakan sistem suara surround untuk Film “Fantasia.” Mereka juga membuat peralatan pertanian.

Namun, keberhasilan terbesar Hewlett-Packard pada tahun pertamanya adalah membuat Model 200A, yaitu sebuah osilator audio yang presisi dan lebih dapat diandalkan dibandingkan pesaing mereka tetapi harganya hampir seperempat harga pesaingnya tersebut.

Produk tersebut begitu sukses sehingga terus terjual dengan baik hingga tahun 1970-an yang terus disempurnakan.

Hewlett-Packard mulai mengembangkan semikonduktor pada tahun 1960, terutama untuk perangkat mereka sendiri tetapi tidak dijual ke perusahaan lain.

Hewlett-Packard mulai memproduksi komputer saat mereka merasa tidak puas saat menggunakan minicomputer buatan Digital Equipment Corporation.

Produk minikomputer mereka pada 1966 diberi nama HP 2100 dan HP 1000. Walaupun seri komputer tersebut mendapatkan banyak upgrade pada tahun-tahun berikutnya, namun desain dasarnya tetap bertahan hingga tahun 1980-an.

Pada 1970, komputer desktop perdana buatan HP diluncurkan atau 10 tahun sebelum IBM memperkenalkan personal computer (PC) buatannya sendiri.

Hingga akhirnya, HP menjadi merek terpercaya untuk produk komputer dan laptop di seluruh dunia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini