Dahsyatnya Erupsi Gunung Krakatau 1883 Dikisahkan Lewat Karya Seni

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Meletusnya Gunung Krakatau memang selalu menjadi sejarah yang tak akan terlupakan oleh masyarakat di dunia. Akibat dari letusan dahsyat yang menyebabkan puluhan ribu orang meninggal ini menyisakan cerita yang cukup menarik untuk diulas hingga sekarang.

Bencana besar ini benar-benar menarik perhatian orang, tak hanya saat itu hingga kini bencana ini masih begitu diingat. Bahkan beberapa penggiat seni berusaha untuk tidak melupakan bencana dahsyat nan mematikan tersebut.

Mereka menggambarkan ulang bagaimana bencana itu meluluhlantakkan sekitarnya lewat sebuah film dan lukisan. Ada berbagai karya seni yang melukiskan ngerinya letusan Gunung Krakatau. Berikut ulasannya.

  1. Film Krakatoa: East of Java

Pada tahun 1968 Hollywood menggambarkan keganasan Gunung Krakatau ketika meletus. Mereka memberikan judul untuk film tersebut Krakatoa: East of Java. Film ini mengisahkan perjalanan sekelompok orang yang tengah meneliti erupsi Gunung Krakatau. Film Krakatoa: East of Java menjadi nominasi Academy Award untuk ketegori Best Effects.

  1. Film Krakatoa The Last Days

Film Krakatoa The Last Days ini diangkat berdasarkan catatan saksi letusan Gunung Krakatau pada 27 Agustus 1883 silam. Rilis pada tahun 2006, film ini membuat penonton bisa merasakan kepedihan mendalam.

Tercatat jutaan ton lava dan magma dimuntahkan dari kawah Gunung Krakatau. Film ini berdasarkan kesaksian dari ahli Geologi asal Belanda, Rogier Verbeek yang mengalami sendiri kejadin tersebut.

  1. Lukisan The Scream

Letusan Gunung Krakatau pada 1883, memberikan inspirasi bagi seniman Edvard Munch (1863-1944) asal Norwegia. Lukisan ini menjadi salah satu lukisan yang terkenal di dunia. Lukisan itu dinilai sebagai ikon dari seni modern beraliran ekspresionisme.

The Scream mengambarkan sosok manusia yang ekspresi wajahnya memperlihatkan ketakutan yang begitu mendalam dengan menutup telinganya dengan kedua tangan. Lukisan tersebut terlihat begitu menakutkan dengan latar belakang langit berwarna jingga dan air laut berwarna kelabu gelap.

  1. Lukisan Semburan mematikan Gunung Krakatau

Dari lukisan itu dapat dilihat betapa dahsyatnya letusan Gunung Krakatau pada tahun 1883. Letusan itu membuat muncul awan tebal dan debu yang tebal, serta memicu terjadinya tsunami. Bahkan dampaknya bisa dirasakan sampai belahan dunia lain.

  1. Letusan Gunung Krakatau menyebabkan tsunami besar

Lukisan tersebut menggambarkan dahsyatnya tsunami akibat dari letusan tersebut. Letusan tersebut menghantam pesisir, merusak 165 kampung di Jawa dan Sumatera. Ini menjadi bencana terbesar sepanjang sejarah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini