Daftar 4 Perempuan Indonesia Berprestasi di Dunia, Ada Nama Maudy Ayunda

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Hari ini merupakan hari bagi perempuan di seluruh dunia. Diperingati tiap tanggal 8 Maret, dunia mengapresiasi perjuangan para perempuan internasional yang ikut andil dalam mewujudkan perdamaian dunia serta memperjuangkan hak-hak perempuan.

Apresiasi itu bernama International Women’s Day atau Hari Perempuan Internasional. Pada 2019, ‘balance for better’ dipilih sebagai tema Hari Perempuan Internasional pada 2019 ini karena belum terjadinya keseimbangan atau kesetaraan dalam berbagai aspek kehidupan.

Dari sekian banyak tokoh perempuan internasional terkenal di dunia, sebenarnya ada beberapa tokoh wanita Indonesia yang tak kalah berprestasi dan memiliki pengaruh di internasional. Mereka bahkan berkontribusi dalam memberikan pemikiran, kreatifitas, dan gagasan cemerlangnya untuk bangsanya sendiri maupun di dunia.

Siapa saja mereka? Berikut rangkumannya:

1.Sri Mulyani

Sri Mulyani Indarwati (SMI) adalah perempuan kelahiran Bandar Lampung ini terkenal hingga ke seluruh penjuru dunia. Majalah Forbes menobatkan SMI sebagai wanita paling berpengaruh di urutan 38 pada tahun 2014. Yang terbaru, tahun 2018 kemarin SMI terpilih sebagai menteri terbaik di Asia Pasifik oleh FinanceAsia karena dinilai piawai mengelola keuangan Indonesia. Gelar itu diberikan antara lain karena SMI dinilai berhasil menjaga stabilitas belanja negara dengan penurunan tingkat defisit dari proyeksi 2,9 persen menjadi 2,5 persen.

2.Tri Rismaharini

Wali Kota Surabaya ini dikenal sebagai sosok pemimpin daerah yang tegas, berani dan jujur. Tak salah jika pada tahun 2014 lalu, Risma berhasil meraih titel sebagai walikota terbaik di dunia nomer 3 menurut The City Mayor Foundation.

Perempuan kelahiran tahun 1961 ini juga berhasil membawa Surabaya sebagai kota besar yang rapi dan bersih. Kiprah Risma yang blak-blakan kadangkala membuat para lawan politiknya gerah.

3.Dian Pelangi

Dian Wahyu Utami atau dikenal dengan nama Dian Pelangi ini meraih pendidikan sekolah mode di Ecole des Arts et Techniques Superieur de la Mode (ESMOD) tahun 2008 silam.

Wanita kelahiran Palembang ini juga menjadi salah satu tokoh wanita Indonesia belia yang membawa perubahan, terutama di segmen fashion. Karya-karya Dian sudah menghiasi event fashion bergengsi mulai Jakarta Fashion Week, The International Fair of Muslim World di Paris, dan Arabia Fashion Show di Inggris hingga New York Fashion Week di Amerika Serikat.

Kesuksesannya menginspirasi tren busana Muslim dalam skala lokal Indonesia maupun mancanegara. Terbaru, Dian dinobatkan dalam daftar 30 under 30 versi Majalah Forbes untuk kategori The Arts and Celebrities. The Arts berisi daftar nama anak muda yang berhasil menciptakan gebrakan di dunia kuliner, seni dan kecantikan. Sedangkan kategori celebrities adalah mereka yang membawa pengaruh positif pada para penggemarnya melalui karya seni dan eksistensi.

4.Maudy Ayunda

Ayunda Faza Maudya yang lebih dikenal sebagai Maudy Ayunda adalah lulusan Oxford University, dengan jurusan Philosophy, Politics, and Economics. Perempuan kelahiran Jakarta, 19 Desember 1994 ini memiliki banyak prestasi di bidang akademik maupun non-akademik, salah satunya dia pernah menjadi pembicara termuda pada tahun 2015 di hadapan mantan presiden Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono dan sejumlah pemimpin dunia lainnya.

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini