Cerita Unik Saat Timnas Indonesia Dibantai Diego Maradona

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Almarhum Diego Maradona ternyata pernah melawan Tim Nasional Indonesia. Pada 1979 dia tergabung dalam Timnas di Piala Dunia U-20 yang dikenal FIFA World Youth Championship.

Indonesia kalah telak dengan skor 5-0. Saat itu, Indonesia lolos ke putaran final setelah Irak, Kuwait, dan Korea Utara yang masuk ke dalam semifinal kejuaraan asia junior tahun 1978 mengundurkan diri karena Piala Dunia tahun 1979 disponsori Coca Cola, minuman soda asal Amerika Serikat.

Negara timur tengah lain yang sudah mencapai perempat final melakukan aksi solidaritas dengan memboikot turnamen tersebut, karena perbedaan pandangan politik antara Amerika Serikat.

Akibatnya, hanya Indonesia satu-satunya perempat finalis yang tersisa. Namun sayangnya Indonesia tergabung dalam grup B yang terdiri dari tim kuat seperti Polandia, Yugoslavia, dan Argentina.

Pertama kali bertanding dengan Argentina yang membawa Diego Maradona yang saat itu sudah menjadi bintang sepak bola dunia.

Dalam kurun waktu 15 menit, Indonesia sudah kebobolan 4 gol dengan Argentina. Dua gol tercipta dari kaki Diego Maradona, sedangkan tiga gol sisanya dilakukan Ramon Diaz.

Ada cerita unik dari Mundari Karya, salah satu pemain timnas Indonesia U-20 saat itu. Di balik pertandingan dengan Agentina, timnas Indonesia ternyata diminta tidak mengasari Diego Maradona atas instruksi match commissioner, pengawas pertandingan, yang mendatangi Soetjipto Soentoro, sang pelatih.

Waktu itu, pengawas pertandingan tidak tahu bagaimana perkembangan sepak bola Indonesia. Akhirnya, panitia penyelenggara dan pengawas pertandingan ketakutan Maradona akan terluka, sebab Maradona sudah menjadi bintang sepak bola dunia.

Akibatnya, seorang pemain timnas Indonesia mendapat kartu kuning karena melanggar Diego dari sisi kiri. Padahal desakannya tidak kuat. (Laita Nur Azahra)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini