Cerita Perjalanan Karir Jokowi, Pernah Jadi Karyawan Biasa hingga Pengusaha Modal Nekat

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Unggahan terbaru Presiden Joko Widodo di akun Instagramnya kembali menyita perhatian netizen. Dalam unggahan tersebut tampak foto yang menggambarkan kesederhanaan Jokowi.

Di foto itu tampak Jokowi tengah duduk di sebuah ruangan sembari memakai kaos kaki dan sepatu. Dalam caption fotonya, presiden membagikan cerita singkat mengenai perjalanan karirnya, mulai dari karyawan biasa hingga menjadi Presiden RI.

“Apa yang kita gapai hari ini, adalah ujung sebuah perjalanan panjang yang tak selalu mulus.

Saya sendiri pernah bekerja sebagai karyawan di Aceh. Lalu, saya pulang ke Jawa dengan satu tekad: menjadi pengusaha. Saya memulai usaha tanpa modal sama sekali karena gaji di Aceh sudah habis untuk pulang.

Syukur Alhamdulillah, keputusan saya tepat. Usaha saya berkembang sampai punya pasar di mancanegara.

Dari dunia usaha, saya pindah ke politik, dan akhirnya berlabuh di pemerintahan. Saya menjadi walikota, lalu gubernur, dan sekarang ini sebagai presiden.

Apa benang merah semua itu? Kepercayaan. Pengusaha pasti tahu sulitnya membangun kepercayaan. Dalam politik yang harus dijaga juga adalah kepercayaan rakyat,” tulis Joko Widodo, dikutip Kamis, 28 Maret 2019.

Salah satu bagian yang cukup menarik perhatian netizen adalah ketika Jokowi berkisah tentang dirinya yang pernah jadi karyawan biasa di Aceh.

Kala itu, Jokowi bertekad ingin menjadi seorang pengusaha. Ia kemudian memutuskan untuk pulang ke Jawa dan mulai mewujudkan mimpinya jadi pebisnis.

Namun, ternyata gaji yang ia dapatkan dari bekerja di Aceh habis untuk perjalanan pulang. Alhasil ia memulai usaha hanya bermodalkan tekad dan keberanian.

Kisah Jokowi ini ternyata membuat banyak netizen kagum. Bahkan ada netizen yang mengaku terinspirasi oleh pengalaman Jokowi tersebut.

“Alhamdulillah terinspirasi oleh bpk presiden jdi semangat bekerja,” tulis @aamrullahevendy.

“Baru kali ini INdonesia mempunyai persiden seperti @jokowi jujur sederhana merakyat lanjutkan pak 2 periode,” komentar @novie_cream_hn.

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini