Cerita PC Mac hingga Menjadi MacBook

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Produk-produk Apple memang tak ada yang gagal. Dari tahun ke tahun, Apple selalu merilis produk dengan sistem operasi dan desain yang lebih kekinian.

Yang semula hanya memproduksi PC Macintosh (Mac), lama kelamaan juga memproduksi komputer tablet (iPad), pemutar media portabel (iPod), telepon pintar (iPhone), jam pintar (Apple Watch), pemutar media digital (Apple TV), hingga pengeras suara pintar (HomePod).

Namun, bagaimanakah sejarah penciptaan PC Macintosh selaku produk pertama Apple?

Macintosh rilis pada 22 Januari 38 tahun silam, dalam sebuah iklan jeda pertandingan Super Bowl XVIII, dengan menghabiskan biaya iklan sekitar 370.000 dollar AS. Iklan ini menjadi iklan pertama dari produk Apple.

Selain dalam Super Bowl XVIII, Apple juga melakukan demonstrasi cuplikan komersial Macintosh di teater Flint Center for the Performing Arts, Amerika Serikat. Dalam demontrasi ini, Macintosh dengan slogannya “Insanely Great!” nya, berhasil memukau 3.000 pengunjung yang terdiri dari beberapa investor Apple.

Mereka terpukau karena PC ini dapat mengeluarkan suara layaknya berbicara saat dikeluarkan dari sebuah tas. Adapun suara tersebut berbunyi “Halo, saya Macintosh. Senang rasanya bisa keluar dari dalam tas. Jangan pernah percaya pada komputer yang tidak bisa Anda angkat,”.

Namun tak hanya mendemonstrasikan Macintosh, Apple juga memperkenalkan visi misinya, dan merasa yakin bahwa Macintosh dapat menjadi komputer masa depan dan menjadi tonggak sejarah baru dalam industri teknologi.

Mengenai namanya, Macintosh memang terinspirasi dari apel McIntosh. Jenis apel kesukaan Jef Raskin. Ia menjadi PC pertama yang memperkenalkan sistem antarmuka grafis (GUI).

Macintosh juga menjadi PC pertama yang memfasilitasi seluruh aspek hardware dan sistem operasinya sendiri. Berbeda dengan PC lain yang hanya membuat hardwarenya saja, namun sistem operasinya dibuat oleh produsen lain.

Macintosh yang rilis di tahun 1984 ini memiliki layer CRT berukuran 9 inci dengan resolusi 512 x 342 pixel, RAM sebesar 128 KB, dengan satu slot disket berkapasitas 400 KB sebagai mekanisme penyimpanan data. Selain itu, ada tambahan keyboard dan mouse sebagai alat kendali.

Kabarnya fantastis, baru 100 hari rilis, Macintosh sudah ludes terjual hingga 70.000 unit. Adapun Macintosh yang rilis di tahun 1984 ini adalah Macintosh 128K. Lalu untuk pembaharui Macintosh 128K, muncul Macintosh 512K di tahun yang sama.

Setelah perilisan pertama, di tahun-tahun berikutnya Apple terus memproduksi Macintosh versi terbaru dengan desain dan sistem operasi yang lebih baru.

Reporter: Intan Nadhira Safitri

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini