Cerita Mistis di Balik Bukit Soeharto, Calon Lokasi Ibukota Baru yang Dikunjungi Jokowi

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Balikpapan, Kalimantan Timur pada Selasa, 7 Mei 2019. Salah satu agendanya adalah meninjau Taman Hutan Raya (Tahura) Bukit Soeharto di Kutai Kartanegara.

Tahura Bukit Soeharto sendiri disebut-sebut merupakan satu dari 3 lokasi yang akan menjadi calon ibukota baru Indonesia. Kawasan ini terletak di Kabupaten Kutai Kartanegara dan sebagian kecilnya di Kabupaten Panajam Paser Utara.

Untuk menuju kawasan Tahura Bukit Soeharto, dapat ditempuh dengan rute darat dari Samarinda sekitar 1,5 jam atau dari Balikpapan sekitar 45 menit.

Kawasan ini sebenarnya merupakan kawasan konservasi hutan yang sudah ditetapkan sejak tahun 1991. Tahura Bukit Soeharto digunakan untuk melindungi hutan dan aneka satwa dari kepunahan.

Pada zaman Soeharto, kawasan ini dijadikan kawasan percontohan pengelolaan hutan di Indonesia. Namun di tahun 1998 usai Soeharto lengser, kawasan ini mulai terbengkalai.

Di luar dari itu semua, Bukit Soeharto ternyata menyimpan sejumlah cerita mistis yang bahkan sudah santer beredar di kalangan masyarakat setempat. Kabarnya, dulu Bukit Soeharto begitu lekat dengan sisi kelam pemerintahan Soeharto.

Area hutan di kawasan ini disebut-sebut menjadi tempat pembuangan mayat korban penembakan misterius atau petrus. Alhasil, hingga kini banyak cerita horor beredar tentang Bukit Soeharto di masyarakat setempat.

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini