Home Kisah Cerita Eddie Van Halen Tentang Rangkasbitung

Cerita Eddie Van Halen Tentang Rangkasbitung

0
1518
Cerita Eddie Van Halen Tentang Rangkasbitung
Foto kedua orang tua Eddie Van Halen dan dirinya bersama sang ibu saat remaja (istimewa)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Gitaris legendaris Eddie Van Halen ternyata memiliki garis keturunan Rangkas Bitung, Banten, Indonesia. Eddie lahir di Amsterdam pada 26 Januari 1955.

Sosok yang bernama lengkap Edward Lodewijk van Halen merupakan anak dari Jan Van Halen dan Eugenia Van Beers. Ayah Eddie adalah seorang pemain saksofon, klarinet dan pianis Belanda keturunan Swedia. Sedangkan ibunya Beers merupakan perempuan berdarah Eropa-Indonesia (dulu Dutch East Indies) asal Rangkasbitung.

Kabar tersebut diungkapkan sendiri oleh Eddie dalam sebuah wawancara bersama sang kakak Alex Van Halen yang dipandu oleh vokalis Van Halen, David Lee Roth.

“Dari mana ibu kalian berasal?” tanya Lee Rot.

“Indonesia,” jawab Eddie.

Lee Roth lalu lanjut bertanya dari daerah mana di Indonesia ibu mereka berasal.

Eddie menjawab seraya tertawa, “Rangkasbitung.”

“Apa artinya itu?” tanya Lee Roth heran.

“Itu nama kotanya, tempat di mana ibu saya dilahirkan,” tambah Alex.

Nah, jika menilik sejarahnya, kota Rangkasbitung yang merupakan ibukota Lebak (kini bagian dari propinsi Banten) memang pada era penjajahan dulu banyak dihuni oleh orang-orang Belanda.

Rasa penasaran Lee Roth pun berlanjut. Ia kemudian bertanya bagaimana ayah mereka Jan Van Halen yang asli keturunan Belanda bisa bertemu dengan ibu mereka yang tinggal jauh di Indonesia.

“Karena ia keliling dunia untuk bermain musik,” jawab Eddie lagi.

“Di Indonesia?” tanya Lee Roth terkejut.

“Ya.”

“Apakah kalian pernah berkunjung ke sana?”.

“Belum pernah,” ujar keduanya.

“Kalian bisa berbahasa Belanda?”.

“Ya, tapi tidak bahasa Indonesia, kecuali beberapa kata saja [tertawa],” kata Eddie.

Alex kemudian bercerita bahwa kala itu, sang ayah pergi ke Indonesia karena terikat kontrak radio selama enam minggu awalnya namun malah memanjang sampai enam tahun. Menurutnya ayahnya sangat senang dengan iklim tropis di sana dan kemudian bertemu dengan ibu mereka yang kemudian berlanjut ke jenjang pernikahan.

Ketika Indonesia kemudian merdeka semua orang asing yang berada di negara tersebut hijrah ke Belanda, termasuk kedua orang tua Eddie dan Alex.

Cerita Eddie Van Hallen Tentang Rangkasbitung (2)
Eddie dan sang kakak Alex bersama kedua orang tua (istimewa)

Namun Eddie dan sang kakak dibesarkan di Amerika Serikat setelah keluarganya hijrah ke California. Di Pasadena, California, Eddie bersama Alex membentuk band bernama Van Halen.

Dalam band itu, Eddie berperan sebagai gitaris dan Alex sebagai drummer. ketika berdiri, mereka membentuknya bersama Mark Stone sebagai bassist dan David Lee Roth sebagai vokalis.

Kepiawaian Eddie dalam bermain gitar menjadi sorotan. Dirinya dikenal dengan ciri khas teknik tapping gitar solonya. Terbentuk pada 1972, Van Halen meraih popularitas di era 1970-an, 1980-an dan 1990-an.

Mereka memiliki 12 album studio, mulai dari Van Halen (1978) hingga A Different Kind of Truth (2012).

Setelah merilis album tersebut di tahun 2012, RIAA menempatkan Van Halen di urutan ke-19 dalam daftar artis/band paling laris dalam sejarah Amerika Serikat dengan torehan penjualan album mencapai 56 juta kopi di seluruh AS. Secara keseluruhan, Van Halen sudah menjual lebih dari 80 juta album.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here