Bob Dylan yang Pertama Kali Memperkenalkan Ganja kepada The Beatles.

Baca Juga

MATA INDONESIA, LONDON – Tepat 24 Mei, penyanyi, penulis lagu, musikus dan juga penyair Amerika, Bob Dylan berulang tahun ke 80.

Lahir pada 24 Mei 1941 dengan nama Robet Allen Zimmerman, ia adalah seorang penyanyi, gitaris sekaligus penggubah lagu legendaris Amerika Serikat. Layaknya seorang musisi terkenal, Bob Dylan memulai kariernya dengan berbagai cerita jatuh dan bangun. Sepanjang kariernya, Dylan telah menciptakan 38 album. Hebatnya lagi, lagu-lagunya pun selalu menjadi inspirasi musisi dunia lainnya karena memiliki nilai-nilai sosial yang tinggi

Semasa kecil Dylan hidup berpindah-pindah rumah bersama orang tuanya sebab saat itu banyak aksi protes anti-Yahudi ditempat tinggalnya, Karena hidupnya yang nomaden membuat Dylan tidak memiliki banyak teman untuk bermain, Keseharianya hanya diisi dengan hiburan dari radio yang memutarkan lagu-lagu Blues, country dan rock and roll.

Dari radiolah Dylan mulai menggemari musik, Bahkan ketika ia duduk di bangku SMA, Dylan membentuk band pertamanya yang dinamakan Golden Chords. Dylan pun melajutkan pendidikanya  di University of Minnesota. Di sana ia semakin asyik nge-band dan memainkan lagu-lagu rock and roll dan folk. Bahkan ia sampai berhenti kuliah demi fokus pada karir musiknya yang saat itu sering mendapat job di kafe-kafe dan nama Bob Dylan pun tercetus sejak ia tampil di kafe-kafe kala itu. Dylan mengaku terinspirasi oleh nama pujangga kesukaanya yaitu Dylan Thomas.

Bob Dylan saat muda
Bob Dylan saat muda

Bob Dylan mengawali karier musiknya dengan serius di usia 20 tahun. Ia menandatangani kontrak dengan Columbia Record dan menjadi sosok musisi yang memiliki karya-karya yang sangat berpengaruh di dunia musik, Banyak pesohor dunia yang menyukainya salah satunya adalah The Beatles.

Kedekatan diantara Dylan dan personil The Beatles berawalan pada Agustus 1964 saat mereka berada di Hotel Demonico New York seusai pesta. Bob Dylan saat itu datang dan menawarkan Ringgo, ganja. Pemain drum The Beatles ini berjalan linglung dan bingung setelah menghisap ganja pemberian Dylan membuat personel The Beatles lainya penasaran. Akhirnya Paul McCartney, John Lennon dan George Harrison juga ikut menikmati ganja pemberian Bob Dylan. Semenjak malam yang luar biasa itu menurut Paul McCartner mereka dan Bob Dylan kerap kumpul bersama.

Meski kini usianya tidak lagi muda, Bob Dylan masih fokus dengan musiknya yang bergenre folk, blues, rock, hingga country. Penghargaan Grammy Awards pertama kali diterima Dylan pada 1979 atas albumnya yang berjudul Slow Train Coming. Sejak saat itu Dylan dikenal sebagai musisi legendaris. Majalah Time bahkan pernah menobatkannya sebagai The Most Important People of the Century. Bahkan, Presiden Barack Obama memujinya sebagai pihak paling bertanggung jawab dalam dunia musik.

Reporter : Ananda Nuraini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Program AMANAH Kembangkan SDM Muda Kelola Potensi Kekayaan Aceh

Program Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (AMANAH) mampu mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) muda di Tanah Rencong...
- Advertisement -

Baca berita yang ini