Bill Gates Kalah! Ini Dia Mansa Musa, Orang Terkaya Sepanjang Masa

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA –  Jika kamu ditanya, siapa orang terkaya di dunia? Pasti kamu akan menjawab Bill Gates, Mark Zuckerberg, Jeff Bezos, Bernard Arnault, dan sebagainya. Karena pada tahun 2019, Bloomberg Billionaires Index telah merilis 10 orang terkaya di dunia, mereka ada dalam daftar tersebut.

Tapi tahukah kamu siapa orang terkaya sepanjang masa? Dia adalah Mansa Musa, seorang Kaisar Mali pada abad ke-14. Berikut beberapa fakta tentang Mansa Musa, orang terkaya sepajang masa.

1. Tajir Selamanya

Gelar orang terkaya sepanjang masa dipegang oleh Musa Keita I atau lebih popular dengan panggilan Mansa Musa. Seorang pengusaha asal Afrika Barat dari abad ke-14, yang nilai kekayaannya tidak bisa terhitung.

2. Kekaisaran Mali

Sebelumnya, Kekaisaran Mali dipimpin oleh saudaranya yaitu Mansa Abu-Bakar. Namun Mansa Abu-Bakar turun tahta ketika ia memulai ekspedisi ke Samudera Atlantik. Pergi dengan dikawal oleh 2000 kapal dan ribuan budak, mereka berlayar namun tidak pernah kembali.

Karena tidak kembalinya Mansa Abu-Bakar, kemudian Mansa Musa yang menggantikan takhtanya. Di bawah kepemimpinan Mansa Musa, Kekaisara Mali berkembang dengan pesat dan berhasil menguasai 24 kota baru, termasuk Timbuktu.

3. Kekayaan Tidak Terhitung

Selama 25 tahun, Mansa Musa menjabat sebagai Kaisar Mali. Menurut seorang profesor bernama Richard Smith dari Ferrum Collage, Mansa Musa memiliki jumlah kekayaan sangat besar hingga tidak bisa diperkiraan jumahnya. Pada masanya, Mali merupakan negara dengan penghasil emas terbesar di dunia.

4. Seorang yang Dermawan

Suatu hari dalam perjalanannya menunaikan ibadah haji ke Mekkah, ia membagikan emas kepada masyarakat Kairo. Namun kedermawanannya tersebut merusak ekonomi di Kairo, dan kota-kota lain yang dilintasinya.

Untuk memperbaikinya, dalam perjalanan pulang Mansa Musa mencoba untuk meminjam emas yang ia bagikan dengan bunga yang tinggi, namun usahanya tersebut tidak berpengaruh banyak.

5. Meninggalnya Mansa Musa

Mansa Musa meninggal pada tahun 1337, kemudian tahta yang ia tinggalkan diteruskan oleh anaknya, Maghan I. Mansa Maghan merupakan salah satu penguasa yang menjadi titik mundurnya Kekaisaran Mali hingga mengalami disintegrasi pada abad ke-17. (Hastina/RyV)

 

 

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini