Begini Kondisi Kota Nagasaki Usai Dihamtam Bom 75 Tahun Bom Lalu
Kota Nagasaki (istimewa)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Meledaknya bom ‘Fat Man‘ di kota Nagasaki pada 9 Agustus 1945 menelan banyak korban jiwa. Diperkirakan 22.000-75.000 orang tewas.

Ledakan yang suhunya mencapai 3.900 derajat celcius itu juga ikut menghancurkan sejumlah bangunan yang semula kokoh berdiri di sana.

Pasca perang dunia ke-II surut, kota Nagasaki pun dibangkitkan kembali secara signifikan. Bersama Hiroshima, Nagasaki juga menjadi pusat perdamaian bagi gerakan untuk pelarangan senjata nuklir.

Industrinya masih didasarkan pada galangan kapal besar yang dikelompokan di sepanjang bagian barat dan bagian dalam pelabuhan.

Nagasaki juga didandan menjadi pusat wisata penting di Jepang. Sejumlah bangunan yang terkena bom pun sudah dipugar dan kini berdiri kokoh kembali.

Berikut deretan foto kondisi Nagasaki saat dan sesudah dihajar bom ‘Fat Man’ milik AS;

1. Nagasaki Medical College

Begini Kondisi Kota Nagasaki Usai Dihamtam Bom 75 Tahun Bom Lalu

Saat bom menghujam kota tersebut, kawasan Nagasaki Medical College pun ikut hancur. Namun kini kondisi wilayah tersebut sudah dibangun kembali dan menjadi indah.

2. Kawasan Shiroyama Park

Kawasan ini juga ikut lulu lantak dihantam bom di tahun 1945. Foto di bawah adalah foto Sekolah Nasional Shiroyama setelah runtuh oleh bom Nagasaki dan kemudian dibangun kembali.

Begini Kondisi Kota Nagasaki Usai Dihamtam Bom 75 Tahun Bom Lalu

Bahkan kini Shiroyama National School menjadi bagus. Selain itu, kawasan Shiroyama Park kini telah kembali menghijau dan menjadi tempat wisata.

3. Katedral Urakami

Bangunan ini juga ikut terdampak bom, namun tidak sampai hancur hingga rata dengan tanah. Kerusakan pada gereja ini lantas direnovasi secara besar-besaran pada tahun 1959.

Begini Kondisi Kota Nagasaki Usai Dihamtam Bom 75 Tahun Bom Lalu

Kini Bangunan tersebut sudah terlihat cantik dan kokoh berdiri. Bahkan menjadi destinasi wisata yang terkenal di Nagasaki.

4. Kuil Sanno

Ketika nuklir itu meledak, seluruh kota hancur, menyisakan puing-puing. Kuil Sanno pun ikut hancur, namun cuma separuh bagian torii Kuil Sanno yang tegak berdiri.

Begini Kondisi Kota Nagasaki Usai Dihamtam Bom 75 Tahun Bom Lalu

Torii itu terletak sekira 792,48 meter dari pusat jatuhnya Fat Man. Sebagai informasi, Torii adalah semacam gapura di kuil-kuil shinto Jepang yang menandakan batas antara tempat tinggal manusia dan kawasan suci Kami (sebutan untuk Dewa atau Tuhan dalam Bahasa Jepang).

Orang Jepang percaya bahwa selamatnya setengah bagian dari pintu keramat tersebut adalah keajaiban. Seolah mewakili semangat Negeri Matahari Terbit yang menolak dihancurkan sepenuhnya.

5. Museum Perang Dunia II, Nagasaki Atomic Bomb

Museum yang berada di Hirano-machi, Nagasaki tersebut merupakan sebuah museum yang dibangun untuk mengenang peristiwa pengeboman atom yang dijatuhkan oleh Amerika Serikat di Kota Nagasaki pada 9 Agustus 1945 lalu.

Begini Kondisi Kota Nagasaki Usai Dihamtam Bom 75 Tahun Bom Lalu

Saat memasuki salah satu tempat wisata di Nagasaki tersebut, Anda benar-benar akan dibawa untuk merasakan peristiwa bom yang mendarat di Nagasaki kala itu. Pada sebuah ruangan di depan, Anda akan disambut dengan ruangan yang menampilkan sebuah jam tepat pada pukul 11.02 (saat dimana bom diledakkan), serta tulisan jumlah korban yang tewas karena bom atom.

Tidak hanya itu, di salah satu tempat wisata di Nagasaki tersebut Anda akan menyaksikan barang-barang sisa ledakan, seperti pakaian yang terbakar, lelehan botol kaca, helm pelindung dengan kepala yang terbakar, hingga potongan dari tulang tangan manusia, serta masih banyak lagi.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here