Begini Asal Usul Nama XBox, Game Konsol Bikinan Microsoft

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Xbox adalah game konsol generasi ke-6 yang dibuat oleh Microsoft. Konsol ini dirilis pada tanggal 15 November 2001 di Amerika Utara. Kemudian di Jepang pada 22 Februari 2002. Lalu pada 14 Maret 2002 di Eropa dan Australia.

Sedikit beralih ke belakang, awal kemunculannya, Xbox masih berbentuk seperti PC. Konsol game rancangan Microsoft ini menggunakan sistem operasi Windows 2000 sehingga memudahkan para pengembang game dalam membuat game untuk Xbox.

Selain menggunakan Windows 2000, Xbox juga memanfaatkan betul teknologi DirectX milik Microsoft dalam akses peranti keras, sehingga bisa optimal untuk game. Pada mulanya konsol ini belum bernama Xbox. Namanya saat itu adalah DirectX Box.

Begini Asal Usul Nama XBox, Game Konsol Bikinan Microsoft

Seiring berjalan waktu, lantaran dianggap terlalu panjang dan kurang menjual, nama DirectX Box disingkat menjadi Xbox saja. Itupun tadinya masih diragukan oleh tim marketing Microsoft sendiri. Namun karena dianggap sudah cukup memiliki daya tarik, akhirnya nama Xbox disetujui menjadi brand untuk konsol game Microsoft ini.

Reporter: Tri Agil Munawar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Danrem 072/Pamungkas Hadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Pengamanan Mudik Idul Fitri 1445 H

Mata Indonesia, Magelang - Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Zainul Bahar, S.H., M.Si hadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam rangka Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1445 H bertempat di Semanggi Ballroom Hotel Artos, Jl. Mayjen Bambang Soegeng No.1, Kedungdowo, Mertoyudan, Magelang, Jawa tengah. Jumat, (29/3/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini