Begini Asal-usul 4 September Ditetapkan Sebagai Hari Solidaritas Hijab Internasional

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Kalian para hijabers, tahu gak kalau 4 September ini diperingati sebagai hari solidaritas hijab internasional?

Yup, perlu kamu ketahui nih gaes, setiap tahunnya 4 September diperingati sebagai hari solidaritas hijab internasional. Sejarahnya, diawali dari pertemuan yang diadakan para muslim Eropa di London Inggris pada 4 September 2004 silam gaes.

Pertemuan bertajuk “Assembly for the Protection of Hijab” atau “Majelis untuk Perlindungan Hijab” itu diadakan untuk mengulas berbagai isu dan kebijakan pemerintah di negara-negara Eropa yang mendiskriminasi muslimah berhijab.

Salah satu contoh kasusnya, kebijakan pemerintah Prancis yang melarang penggunaan hijab di institusi pendidikan dan institusi publik. Kemudian juga London yang sempat melarang mahasiswinya mengenakan simbol keagamaan.

Pertemuan 4 September 2004 itu kemudian menghasilkan kesepakatan untuk menjadikan tanggal 4 September sebagai Hari Solidaritas Hijab Internasional. Tujuannya, untuk mengingatkan publik akan pentingnya toleransi dan solidaritas terhadap para muslimah berhijab di seluruh dunia.

Selamat Hari Solidaritas Hijab Internasional!

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini