Beberapa Mitos Makhluk Mitologi di Indonesia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Indonesia adalah negara yang menyimpan beragam cerita rakyat. Di setiap daerah, dari Aceh hingga Papua memilki cerita mengenai makhluk mitologi yang berbeda.

Menariknya, meski jaman sudah canggih sebagian masyarakat Indonesia masih percaya akan keberadaan makhluk mitodologi yang melegenda. Berikut beberapa makhluk mitodologi yang berasal dari beberapa daerah di Indonesia:

  • Naga Besukih

Indonesia juga memiliki makhluk mitologi berupa naga. Konon, Naga Besukih tinggal di bawah kawah Gunung Agung, Bali. Naga Besukih juga muncul dalam legenda asal-usul Selat Bali.

Berdasarkan cerita, sisik sang naga bisa rontok dan berubah menjadi emas berlian. Naga yang sangat sakti ini hanya bisa di panggil menggunakan  pemujaan milik Begawan Sidhimantra.

  • Kuda Sembrani

Layaknya Pegasus -kuda terbang dari mitologi Yunani, Kuda Sembrani juga bisa terbang dan dikenal pemberani. Di  dalam cerita pewayangan, kuda ini jadi tunggangan Dewa Batara Wisnu selain Garuda.

Sementara menurut legenda rakyat Jawa. Kuda sembrani adalah alat transportasi untuk raja, ratu, dan senopati dalam berpergian, sehingga mereka dapat segera sampai tujuan.

  • Garuda

Dikenal sebagai raja para burung dan tunggangan Dewa Batara Wisnu. Garuda memiliki paruh dan sayap seperti elang, sementara badannya mirip manusia dengan ukuran yang sangat besar sampai menghalangi matahari.

Selain jadi lambang negara Indonesia, hewan ini juga jadi lambang negara Thailand dan dikenal sebagai krut atau pha krut.

  • Lembuswana

Lembuswana adalah hewan mitologi yang dikenal sejak zaman Kerajaan Kutai. Bahkan dijadikan lambang dari Kerajaan Kutai hingga berubah jadi Kesultanan Kutai Kartanegara setelah masuknya pengaruh Islam ke Nusantara.

Hewan ini dianggap suci karena menjadi kendaraan Dewa Batara Guru. Dengan semboyan “Tapak Leman Ganggayaksa”. Hewan ini berkepala singa, punya mahkota yang melambangkan keperkasaan raja sebagai penguasa dan dewa. Sementara belalai gajah perlambang Dewa Ganesha (dewa kecerdasan), bersayap garuda, dan bersisik layaknya ikan.

Hewan mitologi ini juga dipercaya warga setempat sebagai penunggu Sungai Mahakam dan perwujudan spiritual dari Raja Mulawarman -Raja Kutai pada masa kejayaan Hindu. Sekarang Lembuswana menjadi simbol kota Tenggarong, Kutai Kartanegara.

 

Reporter: Rifky Priyambudi

2 KOMENTAR

  1. Di danau toba jg ada makhluk mitos mitologi menurut kepercayaan warga sekitar. di dalam danau katanya ada ikan mas raksasa dan naga raksasa penunggu danau toba itu. dan katanya jg naga tersebut adalah jelmaan dari manusia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Harga Daging Sapi di Bantul mulai Turun, Ini yang jadi Penyebabnya

Mata Indonesia, Bantul - Setelah Lebaran, harga daging sapi di Bantul mulai mengalami penurunan secara perlahan. Nur Wijaya, Lurah Pasar Niten, membenarkan hal tersebut dengan mengatakan bahwa pada 15-16 April 2024, harga daging sapi sudah stabil.
- Advertisement -

Baca berita yang ini