James Naismith, Penemu Permainan Basket
James Naismith, Penemu Permainan Basket

MATAINDONESIA, – Ini cerita Dr James Naismith. Sebagai seorang guru olahraga di Sekolah Pelatihan Internasional YMCA di Springfield, Massachusetts, Amerika Serikat, ia sering dipusingkan saat musim dingin tiba. Padahal sekolahnya terkenal memiliki tim atletik yang berprestasi dan disegani. Setiap musim dingin, suhu terlalu dingin untuk melakukan latihan di luar ruangan. Ini berpotensi membuat para siswa gagal menjaga kebugaran.

Kepala Sekolah pun memberi tugas kepada Naismith untuk menciptakan permainan yang bisa dilakukan di dalam ruangan, semacam olahraga selingan untuk membantu para siswa tetap bugar. Namun, demi menghindari cedera, Naismith diharuskan membuat permainan yang tidak banyak kontak fisik serta harus adil bagi setiap pemain.

Berangkat dari dua prinsip tersebut, Naismith yang lahir pada 6 November 1861 di Ontario, Kanada, mulai menganalisa permainan-permainan yang populer saat itu, mulai dari sepak bola, american football, rugbi, hingga baseball. Ia membuat kesimpulan bahwa bola yang paling aman digunakan adalah bola besar seperti bola sepak.

Demi menghindari cedera karena berlari saat membawa bola, Naismith juga menentukan bahwa melempar bola untuk mengoper adalah satu-satunya opsi. Dan demi keamanan, Naismith mengatur agar gawang alias sasarannya tidak bisa dijaga oleh siapapun, dengan cara ditaruh di atas ketinggian.

Pada 15 Desember 1891 digelarlah pertandingan bola basket pertama di dunia. Seluruh peraturan yang berlaku saat itu diciptakan Naismith. Tentu saja masih jauh berbeda dengan peraturan modern. Misalnya, setiap tim bukan terdiri dari 5 pemain, tapi 9 pemain. Mereka menggunakan bola sepak dengan keranjang buah sebagai sasarannya.

Men-dribble bola juga tidak diperbolehkan, sehingga satu-satunya cara membawa bola ke depan adalah dengan mengoper kepada teman. Para siswa tidak begitu antusias memainkan permainan baru tersebut, namun mereka tetap mengikuti instruksi Naismith.

Setahun setelah diperkenalkan, permainan yang kemudian dikenal dengan nama basketball ini menjadi populer di Sekolah YMCA. . Sempat ada usulan untuk menyebutnya “bola Naismith”, namun Naismith menolak. Tahun 1893 permainan basket mulai diperkenalkan kepada dunia, dan kini telah menjadi olahraga paling populer di Amerika Serikat dan banyak negara lain.