Amy Winehouse

MATA INDONESIA, JAKARTA – Hari ini, 14 September 2020 Penyanyi Jazz cantik asal Inggris, Amy Jade Winehouse berulang tahun. Jika ia masih hidup, usianya kini 37 tahun. Amy ditemukan tak bernyawa di usianya yang ke-27 tahun akibat keracunan alkohol pada Juli 2011 silam. Kematiannya menambah daftar panjang musisi dunia yang juga meninggal diusia 27 tahun.

Tak hanya Amy, sebelumnya ada sejumlah musisi papan atas internasional yang juga bernasib sama dengannya, yakni meninggal di usia 27 tahun. Deretan musisi itu disebut dengan The 27 Club.

Biasanya, para musisi itu tutup usia dengan cara yang kontroversial, mulai dari bunuh diri, overdosis obat-obatan terlang, kecelakaan dan sebagainya. Klub tersebut semakin terkenal mengingat banyak pula musisi yang meninggal di usia 27 tahun.

Selain Amy, siapa aja sih musisi dunia yang kini masuk dalam The 27 Club? Nih simak!

  1. Jimmi Hendrix
Jimmi Hendrix

Jimi Hendrix adalah musisi yang snagat popular asal Amerika. Ia merupakan seorang gitaris yang disebut-sebut paling berpengaruh dalam sejarah musik rock dunia. Pemilik nama asli Johnny Allen Hendrix ini lahir pada 27 November 1942 di Seattle, Washington DC, Amerika Serikat.

Jimi Hendrix meninggal di usia 27 tahun pada 18 September 1970, di Notting Hill, London, Inggris. Saat itulah ia tergabung dalam The 27 Club sebagai musisi yang meninggal di usia 27 tahun.

2. Jim Morrison

Jim Morrison

Selanjutnya ada Jim Morrison. Ia dikenal sebagai vokalis, penulis lagu dan juga leader di band rock-nya The Doors. The Doors merupakan salah satu band legendaris sepanjang masa karena keunikan lirik khas karangan Morrison yang menjadikan band tersebut menjadi salah satu kelompok musik terbesar di dunia.

Jim Morrison meninggal diusia 27 tahun di Paris, Prancis. Kematiannya pun konon masih menjadi sebuah misteri. Namun, menurut kabar, Morrison tutup usia akibat serangan jantung.

3. Kurt Cobain

Kurt Cobain

Siapa yang tak kenal musisi dunia pentolan band grunge Nirvana, Kurt Cobain? Tentu hampir seluruh pecinta musik tahu tentang namanya.

Kurt Kobain adalah penyanyi, penulis lagu dan seorang gitaris. Ia sukses Bersama band-nya Nirvana, lewat salah satu lagu yang paling terkenal yaitu “Smells Like Teen Spirit.” Sama halnya dengan musisi yang lain, Cobain meninggal di usia 27 tahun di Seattle, Washington, Amerika pada tahun 1994 karena bunuh diri.

4. Anton Yelchin

Anton Yelchin

Tak hanya musisi, pemain film sekaligus bintang Star Trek, Anton Yelchin juga masuk bagian The 27 Club yang meninggal di usia 27 tahun. Ia meninggal pada tahun 2016 lalu akibat sebuah kecelakaan.

Pada saat itu, Anton tertabrak mobilnya sendiri yang melaju mundur di jalanan rumahnya yang menurun. Badan Anton tergencet pada tiang kotak pos dan menyebabkan nyawanya tak tertolong.

5. Janis Joplin

Janis Joplin

Terakhir, ada musisi asal Texas, Amerika Serikat, Janis Joplin. Ia merupakan penyanyi, penulis dan arranger lagu yang terkenal pada era 1960-an. Kemudian mencapai puncak kesuksesannya pada akhir tahun 60-an.

Karier Joplin yang melejit memang tak lama. Pada tahun 1970, Joplin meghembuskan napas terakhir akibat overdosis di Los Angeles, Amerika.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here