Album Nirvana Neverminds
Album Nirvana Neverminds

MATA INDONESIA, JAKARTA – Nirvana adalah kelompok musik pengusung aliran Grunge. Band ini didirikan di Kota Aberdeen Washington Amerika Serikat.

Band ini sukses di Seattle, Amerika Serikat. Kesuksesan mereka di Seattle membuat grup ini disebut dengan Seattle of Sound.

Penampilan perdana Kurt Cobain dan Krist Novoselic terjadi di bulan Maret 1987. Penampilan itu sekaligus menunjukkan formasi awal Nirvana yang terdiri atas Kurt Cobain (vokal & gitar), Krist Novoselic (bass) dan seorang penabuh drum bernama Aaron Burckhard. Pada akhir tahun 1987, Aaron Burckhard keluar dari Nirvana.

Awal tahun 1988, posisi drummer diisi oleh Chad Channing dan Jason Everman bergabung sebagai gitaris kedua. Jason Everman keluar pada pertengahan tahun 1989 disusul pula keluarnya Chad Channing pada tahun 1990.

Setelah beberapa kali mengalami pergantian drummer, akhirnya Dave Grohl masuk ke Nirvana sebagai drummer pada tahun 1990.

Waktu itu mereka belum memakai nama Nirvana. Ada banyak nama yang mereka pakai pada awal karier mereka.

Nama Nirvana baru muncul pada tahun 1988 ketika CobainĀ  menemukan nama itu dari sebuah tayangan televisi tengah malam. Pada saat itu, tayangan tersebut menyiarkan tentang program agama Buddha yang berarti pencapaian kesempurnaan.

Mereka membuat single pertama mereka, “Love Buzz”, yang dirilis oleh label independen kecil Sub Pop Records. Popularitas Nirvana di Seattle berkembang, dan mereka merilis album debut mereka, Bleach.

Pada November 1988 single pertama Nirvana Love Buzz pun diedarkan pada kalangan terbatas. Kurt Cobain sendiri yang menyerahkan salah satu kopinya kepada radio KCMU untuk diputar.

Setelah itu Cobain segera mendengarkan radio. Ia berjam-jam gelisah karena lagunya tak segera diputar.

Hingga ia harus menelpon dan me-request lagunya sendiri. Barulah lagu tersebut mengudara.

Awal 1991, Nirvana pindah label dari Sub Pop ke DGC (David Geffen Company). Sebuah label mayor dengan distribusi lebih luas dan dana lebih besar salah satu orbitan tersukses DGC adalah Guns N Roses.

Nirvana juga bergabung dengan Gold Mountain. Sebuah perusahaan manajemen artis di mana Sonic Youth, band punk kontemporer yang dikagumi Kurt Cobain bernaung.

Nirvana pun melanjutkan perjalanannya dengan mengeluarkan albumnya kedua yang berjudul Nevermind yang direkam pada Mei 1991 dan selesai sebulan kemudian. Awalnya, DGC Records berharap untuk menjual 250.000 salinan Nevermind.

Namun, single pertamanya “Smells Like Teen Spirit” dengan cepat mendapatkan momentum. Hal ini dikarenakan videonya sering diputar MTV.

Pada Natal 1991, Nevermind menjual 400.000 salinan per minggu di Amerika Serikat. Pada 11 Januari 1992, album ini mencapai nomor satu di tangga album Billboard, menggusur album Dangerous milik Michael Jackson .

Album ini juga menduduki puncak tangga lagu di berbagai negara di seluruh dunia. Cobain dinominasi sebagai salah satu penulis lagu terbaik dalam generasinya di usia 24 tahun.

Inilah album legendaris dan fenomenal yang kemudian melambungkan nama Nirvana ke jagad musik internasional. Lagu-lagu yang terdapat di album ini bercerita tentang Tobi Vail vokalis band punk cewek Bikini Kill, perempuan yang sangat disukai Kurt Cobain bahkan sepanjang tahun 1990-1991.

Hampir semua lagu yang dibuatnya selalu bercerita tentang Tobi, meski demikian Tobi ternyata tak bisa sepenuhnya menerima Kurt Cobain. Ia akhirnya dekat dengan seorang wanita bernama Courtney Love, vokalis band post punk Hole, dan dalam rentang tahun ini juga heroin terus mengiringi hidup Kurt.

Nevermind dirilis pada 24 September 1991. Pada hari Helloween, 31 Oktober 1991, Nirvana pun mendapat penghargaan piringan emas.

Saat itulah seluruh radio Amerika, Eropa, Australia, Jepang, Brasil, dan di negara-negara lain dengan serentakmemutar terus-menerus.

Kurt CobainĀ  sudah tak perlu lagi menelepon radio memohon agar lagunya diputar video klip. Smells Like Teen Spirit pun menjadi lagu yang paling banyak diputar di radio.

Album Nevermind telah mencapai angka penjualan sebanyak 8 juta keping di seluruh dunia.

Reporter: Muhammad Raja A.P.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here