Ada Apa dengan Angka 13?

Baca Juga

MATAINDONESIA, JAKARTA – Seiring dengan perkembangan zaman, ternyata masih banyak mitos yang beredar di dunia. Salah satunya adalah mitos mengenai angka 13.

Beberapa negara mempercayai bahwa angka 13 adalah angka yang dapat menyebabkan kesialan. Cina, Amerika Serikat, dan Indonesia merupakan sederet negara yang bangunannya tidak memiliki lantai 13, hal ini diyakini akan menyebabkan malapetaka.

Sebagian besar bangunan kantor yang ada di Indonesia juga tak memiliki lantai 13, hal ini disebabkan karena beberapa petinggi ataupun pemilik bangunan tersebut berasal dari Cina dan AS. Namun, ternyata banyak pula warga di Indonesia yang mempercayai bahwa angka 13 adalah angka kesialan.

Bukan hanya itu, banyak pula rumah yang tak memakai angka 13 sebagai nomor rumahnya. Ketakutan seperti ini disebut dengan triskaidekaphobia. Lalu, apakah benar angka 13 adalah angka keramat?

Awal mula mitos ini berasal dari salah satu isi Alkitab yang menyebutkan bahwa ada 13 orang yang ikut serta dalam perjamuan terakhir. Ke-13 orang tersebut adalah Yudas Iskariot, orang yang mengkhianati Yesus.

Mitos ini pun semakin kuat dengan adanya peristiwa Apollo 13 yang merupakan hari gagalnya misi pendaratan di bulan oleh negara adidaya, Amerika Serikat. Kegagalan itu disebabkan oleh meledaknya tangki oksigen tanggal 13 April 1970.

Peristiwa kecelakaan kapal Costa Concordia juga terjadi tanggal 13 Januari 2012, tepatnya hari jumat. Selain itu, pesawat Air Force Flight 571 dari Montevideo, Uruguay juga mengalami kecelakaan yang mengakibatkan 28 orang tewas seketika dalam insiden tersebut.

Banyaknya peristiwa yang terjadi tanggal 13, menuai banyak persepsi dari berbagai pihak. Sehingga tak sedikit orang yang percaya bahwa angka 13 adalah angkat keramat ataupun angka kesialan. Menurut banyak penelitian, angka 13 juga merupakan misteri komik.

Menurut pakar matematika dan ilmuwan, sebenarnya tidak ada masalah dengan angka 13. Hanya saja, menurut Bangsa Sumeria Peradaban Kuno karena angka 13 dekat dengan angka 12, yaitu angka yang dipercaya memiliki “kesempurnaan”, maka angka 13 disebut sebagai angka kesialan.

Hal serupa juga dikaitkan dengan The Great Seal of USA yang memiliki makna misterius karena di atasnya terdapat 13 bintang. Maka dari itu, mereka yang lahir pada tanggal 13 di bulan apapun, memiliki kehidupan yang sangat misterius.

 

Reporter : Dhea Nurmalita

3 KOMENTAR

    • saya juga saat saya lempar selimut saya itu kan jatuh ke kasur nah pas itu bukunya ke buka pas mau di tutup aku merasa ada yang gak beres dan aku coba cek dan tiba2 itu menunjukan halaman “3” ada apan dengan angka 13 atau 3?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Hasil Sidang Sengketa Pilpres Ditolak MK, Bukti jadi Alasannya tapi Hakim Tak Terapkan Etika Hukum

Mata Indonesia, Yogyakarta - Keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) pada sidang putusan sengketa hasil Pemilihan Umum (PHPU) Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden 2024, Senin (22/4/2024), menolak permohonan dari paslon nomor urut 01 dan 03. MK menyatakan bahwa permohonan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud MD tak memiliki dasar hukum yang cukup.
- Advertisement -

Baca berita yang ini