Hal unik di Skotlandia
Hal unik di Skotlandia

MATA INDONESIA, JAKARTA-Skotlandia merupakan negara di Britania Raya yang terkenal dengan keindahan alamnya. Ada banyak tempat-tempat spektakuler yang bisa membuat liburanmu menyenangkan.

Tak hanya panorama saja yang memanjakan mata wisatawan yang datang, namun keragaman budayanya juga menarik untuk dibahas. Salah satunya, Skotlandia menjadi tempat terbaik untuk melihat aurora borealis pada musim dingin. Ada beberapa fakta menarik yang hanya bisa ditemukan di Skotlandia, apa saja?

  1. Bagpipes; Alat Musik Tradisional Asli Skotlandia

Bagpipes merupakan sebuah alat musik tiup khas Skotlandia yang sangat sering dijumpai di dataran rendah Skotlandia. Bagpipes biasanya dimainkan untuk perayaan pernikahan, pesta, dan pertunjukan musik.

Bagpipes itu sendiri terdiri dari tas atau kantong terbuat dari kulit, yang dapat menerima udara dengan tabung dan dihentikan oleh katup. Kantong udara tersebut bernama chanter, berfungsi untuk menyimpan udara. Sehingga udara yang ditiup oleh pemain Bagpipe akan tersimpan di dalam chanter, dan akan tetap bisa mengeluarkan suara meski sudah tidak ditiup lagi.

  1. Unicorn adalah lambang kerajaan Skotlandia

Unicorn merupakan binatang nasional yang dipercaya ada. Legenda Skotlandia selalu menampilkan cerita mitos untuk hewan ini. Unicorn pertama kali digunakan sebagai lambang kerajaan abad ke-12 pada masa pemerintahan Wiliam I.

Bahkan, unicorn dijadikan lambang pada koin emas pada abad ke-15. Hewan unik ini dipercaya memiliki simbol kepolosan, kemurnian, kekuatan, kejantanan, dalam mitologi Celtic.

  1. Scottish Gaelic; Salah satu Bahasa Tersulit di Dunia

Meskipun semua orang Skotlandia menggunakan bahasa Inggris pada setiap kegiatan sehari-harinya, tahu kah kamu bahwa 60.000 orang Skotlandia atau hampir dua persen dari mereka berbicara dalam bahasa Gaelik Skotlandia.

Sebuah bahasa yang berasal dari Celtic. Bahasa ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan dibandingkan dengan bahasa Inggris. Sebagai contoh, jika kita ingin bertanya “Di mana letak toilet?” Dalam Bahasa Gaelik Skotlandia “Càit a bheil an taigh beag?” Cukup rumit bukan? Nah, mayoritas orang Skotlandia yang menggunakan bahasa Gaelik Skotlandia ini tinggal di daerah dataran tinggi atau yang sering disebut dengan Scottish Highland.

  1. Ginger Hair; Rambut Merah Penduduk Asli Skotlandia

Berbeda dengan rambut masyarakat Asia yang cenderung berwarna hitam, sebagian penduduk Skotlandia justru berwarna merah. Warna merah ini didapat secara turun-menurun alias turunan gen dari nenek moyangnya.

Bukan karena sengaja diwarnai merah lho! Rambut merah ini memiliki karakteristik pigmen pheomelanin kemerahan berkadar tinggi dan pigmen eumelanin berkadar gelap rendah.

Rambut merah juga memiliki kaitan dengan warna kulit yang terang, warna iris mata yang bervariasi (abu-abu, biru, hijau dan coklat kekuningan) dan kepekaan terhadap cahaya Ultra ungu.

  1. Haggis; Kuliner Khas Skotlandia dengan Rasa Tiada Dua

Haggis adalah kuliner khas yang hanya bisa kamu jumpai di Skotlandia. Haggis ini terbuat olahan jeroan atau bagian dalam domba yang dicincang bersama dengan bawang merah, oat, suet, rempah-rempah, dan garam yang kemudian dicampur dengan sedikit kaldu dan dibungkus dengan lambung domba.

Haggis lalu direbus dengan temperatur di bawah titik didih air selama tiga jam. Sajian kuliner yang satu ini merupakan makanan nasional Skotlandia dan menjadi sajian utama saat jamuan Burns (Burns supper).

  1. Tempat terbaik penggemar Harry Potter

Skotlandia berhasil menginspirasi penulis fenomenal JK Rowling untuk menulis karya terbaiknya. Bagian pertama buku Harry Potter ditulis oleh JK Rowling di Cafe Elephant House di Edinburgh.

Tempat inilah yang sering disebut tempat kelahiran Harry Potter. Banyak situs di Skotlandia yang dapat dikunjungi oleh penggemar Harry Potter. Penulis memandang keindahan alam di negara ini punya aura magis sehingga ide untuk membuat buku fiksi tentang sihir bisa tercipta.

  1. Penerbangan komersial tersingkat di dunia

Skotlandia memiliki penerbangan komersial tersingkat di dunia. Maskapai Loganair merupakan maskapai milik Inggris yang berpusat di Skotlandia. Rute yang dilalui antara dua pulau di Kepulauan Ornkey hanya membutuhkan waktu kurang dari lima menit di udara.

Bahkan, penerbangan Pulau Westray yang berjarak 2,7 km dapat ditempuh dalam waktu 90 detik. Loganair didirikan pada 1962 dan berkantor di Bandar Udara International Glasglow di Paisley, Renfrewshire, Skotlandia. Jika kamu ingin merasakan sensasi terbang dengan waktu singkat, boleh coba, nih.

  1. Kantor pos tertua di dunia

Kantor pos Sanquhar yang terletak Dumfries dan Galloway merupakan kantor pos tertua di dunia yang beroperasi. Kantor pos ini dibuka pertama kali pada 1712 dan sampai hari ini tidak pernah berhenti beroperasi.

Dari sinilah kemudian jasa layanan pos menjalar ke berbagai belahan dunia. Uniknya, pertama kali layanan ini dikirim oleh orang yang menaiki kuda, bahkan berlari agar surat sampai pada penerima. Jika kamu pergi ke Skotlandia, kamu boleh coba mengirimkan surat dengan jasa kantor pos tertua di dunia ini.

 

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here