5 Rumah Hantu Paling ‘Horor’ Se-Indonesia, Berani Uji Nyali?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA –  Rumah biasanya menjadi tempat istirahat ternyaman dan berkumpulnya keluarga setelah melakukan kegiatan di luar. Memiliki rumah sendiri merupakan impian banyak orang. Namun apa jadinya jika penghuni rumah tersebut bukan oleh manusia, melainkan makhluk halus yang tak kasat mata.

Di Indonesia, fenomena rumah hantu sudah tidak asing lagi. Bahkan saat ini, banyak para Youtuber yang menjadikan rumah hantu, sebagai konten dalam video mereka. Ada juga rumah hantu yang fenomena misterinya menjadi film layar lebar.

Ini 5 rumah hantu di Indonesia yang bisa bikin kamu merinding lewat di depannya. Cekidot!

1. Rumah Darmo, Surabaya

Rumah Darmo

Pada tahun 1997 rumah ini hangus terbakar, setelah di tinggal pemiliknya yang kabur karena pesugihan. Pada saat ditinggalkan, di rumah itu tersisa dua orang asisten rumah tangga. Tidak lama setelah itu, keduanya tewas terbunuh, pelakunya hingga saat ini belum diketahui.

Berdasarkan kisah, dulunya pemilik rumah memiliki perjanjian dengan makhluk halus, atau pesugihan. Setiap malam Jumat, mereka harus mengirimkan tumbal manusia untuk diserahkan kepada makhluk halus. Dengan cara tersebut, pemilik rumah menjadi semakin kaya.

Konon sering terlihat sosok wanita berbaju putih layu dan sering berdiri disekitar rumah tersebut. Ada juga sosok besar dan harimau juga terlihat disana. Berani coba uji nyali?

2. Rumah Ambulance, Bandung

Rumah Ambulance Bandung

Kamu pernah lihat mobil ambulans berjalan tanpa sopir di malam hari? Misteri tersebut datang dari Jalan Bahureksa, Bandung. Berbagai cerita mistis yang terjadi, bisa membuat kamu merinding ketika lewat di depan rumah. Karena terdapat sebuah ambulans tua yang terparkir di pekarangan.

Konon, awal mula cerita ambulans setan Bahureksa mengantarkan keluarga yang mengalami kecelakaan. Namun setelah sampainya di rumah sakit, ambulans tersebut kambali dengan sendirinya ke rumah Bahureksa. Ketika dipindahkan, anehnya ambulans tersebut kembali lagi.

Jalanan sekitar yang sepi dan tidak bergemelap lampu, membuat suasana mistis semakin terasa. Terkadang muncul bau amis yang menyengat di dekat ambulans. Bahkan bebeapa warga yang lewat terkadang melihat sosok pocong, kuntilanak merah, hingga tengkorak.

3. Rumah Abraham Fletterman, Semarang

Rumah Abraham Fletterman Semarang

Dikenal dengan Rumah Baterman, dibangun pada tahun 1890. Konon keluarga Fletterman merupakan keluarga yang peduli terhadap orang-orang yang kurang mampu. Hingga pada akhirnya mereka mendirikan sebuah yayasan sosial.

Sekarang, rumah yang berada di Jalan Veteran ini sudah lama tidak ditempati. Memiliki gaya arsitektur kolonial Belanda, rumah ini terkenal karena horornya. Karena itu, rumah ini sempat dijadikan syuting film Suzanna yang berjudul Beranak Dalam Kubur.

Saking seramnya, rumah yang berada di Jalan Kyai Saleh Nomor.15 ini sering terlihat perempuan berambut panjang. Perempuan tersebut terlihat berjalan di sekitar halaman rumah. Ngeri-ngeri sedap!

4. Rumah Pengabdi Setan Pengalengan, Bandung

Rumah Pengabdi Setan

Dulunya adalah sebuah villa peristirahatan sejak zaman Belanda. Tetapi ada juga yang menyebut rumah ini milik tuan tanah dari Belanda. Sudah ada sejak zaman Belanda, rumah tua ini terlihat seram.

Rumah yang pernah dijadkan lokasi syuting film Pengabdi Setan ini, kerap kali terlihat penampakan mistis. Beberapa warga pernah melihat sosok meneer Belanda di dalam rumah. Rumah dengan dua lantai ini, memiliki banyak lorong khas Belanda.

Semakin seram, rumah ini sering kali terlihat penampakan anak kecil yang bisa berbahasa Belanda. Selain itu, pernah ada mahasiswa yang kesurupan dan berbicara menggunakan bahasa Belanda. Terdapat juga penampakan pocong yang beada di pohon pinus sekitar rumah.

5. Rumah Kentang Darmawangsa, Jakarta

Rumah Kentang Darmawangsa

Salah satu rumah yang menjadi legenda di Jakarta. Rumah ini sempat dijadikan sebuah film pada tahun 2012, dan kembali diangkat kelayar lebar lagi pada tahun 2019 dengan judul yang sama ‘Rumah Kentang’. Konon, rumah ini kerap kali mengeluarkan aroma kentang pada malam hari, karena itu disebut Rumah Kentang.

Kisah yang beredar, dulunya ada seorang anak yang meninggal karena jatuh kedalam rebusan kentang, saat ibunya sedang merebus kentang.  Ada juga yang menceritakan, anak tersebut sengaja dimasukkan kedalam kuali rebusan kentang oleh asisten rumah tangga. Hal itu dilkukan karena ia kesal dengan kelakuan sang anak yang nakal.

Selain aroma kentang yang tercium, sering juga terdengar suara anak kecil dari dalam rumah. Banyak warga yang tidak berani melintas di sana, karena banyaknya masyarakat yang mengalami kecelakaan didepan rumah tersebut. konon warga yang melintas melihat sosok besar yang menyeramkan, hingga kendaraan kehilangan kendali dan kecelakaan.

Reporter: Hastina

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini