Benny Goodman. (Foto: ist)

MATAINDONESIA, JAKARTA –  Pertunjukan musik orkestra selalu menghadirkan karya instrumen yang luar biasa, apalagi saat pertunjukan musik jazz yang diiringi klarinet. Tentunya, klarinetis atau pemain klarinet dalam pertunjukan seperti ini turut berjasa dalam memberikan warna pada setiap instrumen yang dihasilkan.

Meski suara merdu dari klarinet banyak disukai masyarakat, tak banyak dari mereka yang mengetahui siapa saja pemain-pemain dari klarinet di dunia. Berikut sosok penting tersebut:

  1. Sidney Bechet

Salah satu dari klarinetis yang banyak berperan dalam dunia musik adalah Sidney Bechet. Bechet  mahir memainkan klarinet sejak usianya masih 9 tahun. Ia belajar memainkan klarinet secara otodidak.

Ketika usianya menginjak angka 14 tahun, sekitar tahun 1912, Bechet bergabung dengan band The Young Olympia. Padahal orang tuanya terus menentang Bechet dalam bermain musik, namun ia tetap melakukannya dengan berbagai cara.

Dalam kurun waktu yang cukup lama, Bechet menjelma menjadi pemain klarinet yang paling dikagumi di New Orleans. Di dalam sejarah musik jazz sendiri, tidak ada musisi yang memiliki kemampuan mengekspresikan musik sekuat Sidney Bechet.

  1. Larry Combs

Larry Combs merupakan salah satu pemain klarinet orkestra terkemuka di dunia. Ia aktif dalam bermain di panggung musik jazz Chicago. Sejak usia sepuluh tahun ia mulai bermain klarinet di Charleston dan di usia 13 ia memiliki teknik dan reputasi yang cukup kuat hingga terus menerus diminta oleh Charleston Symphony untuk bermain dengan mereka sebagai klarinetisnya.

Kemudian, saat usianya 16 tahun, ia menjadi pemain klarinet utama orkestra. Tahun 1974, Combs bergabung dengan Chicago Symphony Orchestra sebagai klarinetis, sejak saat itu Combs dianggap sebagai orkestra ternama di Negeri Paman Sam, bahkan di dunia.

  1. Buddy DeFranco

Nama aslinya adalah Boniface Ferdinand Leonard DeFranco. Ia juga merupakan seorang pemain klarinet jazz berdarah Amerika-Italia. Ia merupakan salah satu dari sedikit klarinetis dengan gaya bermain bebop.

DeFranco digambarkan sebagai musisi jazz Amerika terkemuka pada instrumennya sejak tahun 1940-an. Selain memimpin band, DeFranco juga memimpin Glenn Miller Orchestra selama hampir satu dekade di tahun 1960-an sampai 1970-an.

  1. Tony Scott

Anthony Joseph Sciaca atau dikenal dengan nama profesinya Tony Scott, seorang pemain klarinet jazz Amerika asal Morristown. Scott bermain klarinet sejak usia 12 tahun. Tahun 1942, ia lulus dari Julliard School of Music yaitu sekolah musik paling bergengsi di New York, Amerika Serikat.

Dahulu, klarinet sudah kurang diminati dan gaya swing yang dipopulerkan oleh Benny Goodman sudah kurang populer, namun Scott tetap memainkan klarinet dengan gaya yang berbeda atau disebut pemain klarinet bebop. Kemudian kritikus musik Amerika Serikat menganggap Tony Scott merupakan pemain klarinet bibop terbaik yang setara dengan Buddy DeFranco.

  1. Benny Goodman

Benjamin David Goodman adalah nama aslinya. Seorang pemusik jazz asal Amerika Serikat yang memiliki banyak julukan. Sebagai klarinetis ia di juluki dengan sebutan King of Swing karna dirinya yang mempopulerkan pemainan klarinet bergaya Swing. Lalu Patriach of the Clarinet dan Swing’s Senior Statesman. Benny berkarir di dunia musik sejak 1928.

Sebenarnya masih banyak klarinetis lainnya yang terkenal dengan bakat yang hebat, yang hingga kini menjadi motivasi untuk para klarinetis muda yang mempunyai cita-cita sebagai klarinetis.

Reporter : Anggita Ayu Pratiwi

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here